Mini Felt Book
Edu Craft, Accessories & Sewing Needs, Busy Book/Quiet Book

10 Ide Aktivitas Sederhana untuk Quiet Book Mini

The harder you work for something, the greater you’ll feel when you achieve it.


 

Quiet book mini berukuran maksimal 15×15 cm dan memiliki aktivitas yang sederhana. Mini felt book menjadi alternatif pilihan mainan untuk bayi berusia 6 bulan hingga 2 tahun.

Yang membedakan mini quiet book dengan regular busy book adalah detail di dalam mini felt book tidak terlepas dari buku. Semua detail kecil dibuat menempel dengan masing-masing halaman. Dengan begitu Bunda tidak perlu khawatir si buah hati secara tidak sengaja menelan mainannya.

Tetap saja Bunda sebaiknya tidak membiarkan si kecil sendirian dengan benda-benda asing.

Di postingan ini kami akan mengelaborasi 10 pola quiet book mini. Tentu saja Bunda dapat mengaksesnya secara gratis. Tersedia juga video tutorial yang dapat Bunda tonton untuk mempermudah Bunda membuatnya.

Bunda juga tidak perlu khawatir mengenai bahan baku. Tutorial dan pola busy book ini kami peruntukkan bagi para Bunda dan krafter pemula yang tidak memiliki peralatan kraft yang beragam.

Bunda memerlukan mesin jahit, gunting, dan self threading needle. Jika Bunda tidak memiliki mesin jahit, Bunda bisa menggunakan glue gun sebagai alternatif. Kami harus mengingatkan bahwa busy book yang dijahit pastinya lebih kokoh daripada felt book yang dilem.

Bunda pastinya punya gunting! Sementara self threading needle dapat Bunda beli di @mandekagediy. Begitu juga dengan kain flanel kaku yang kami gunakan untuk buku ini.

Kita bahas dulu bahan yang Bunda perlukan sebagai berikut. Kami menyertakan link aktif toko agar Bunda bisa tahu dimana membeli bahan yang diperlukan. Oh iya, @mandekagediy adalah toko online kami. Kami berterimakasih jika Bunda menyempatkan mampir dan berbelanja ^^.

Bahan untuk Membuat Quiet Book Mini

10 Ide Aktivitas Quiet Book Mini

Mini Felt Book

Semua halaman quiet book ini berisi aktivitas termasuk halaman cover. Hampir tidak ada beda antara halaman dan cover. Hanya, di cover Bunda akan memakaikan pita sebagai pengikat buku agar bisa ditutup ketika tidak digunakan.

Aktivitas Pertama, Pinguin dan Ikan

Untuk membuat aktivitas ini Bunda memerlukan kain flanel berwarna putih, hitam, kuning, jingga, dan satu warna lain untuk ikan. Di sini kami menggunakan warna jingga tua. Bunda juga bisa berkreasi dengan menggunakan warna pink sebagai dasar badan pinguin.

Untuk menempelkan ikan ke badan pinguin, kami menyematkan velcro hook di bagian belakang ikan dan velcro loop di perut pinguin. Agar ikan tidak terlepas, kami tambahkan pita grosgrain warna senada dengan ikan. Ujung pita satunya dijahit/dijepit di antara halaman pertama dan halaman kedua.

Mini Felt Book

Mata boneka berukuran 8 mm kami pilih untuk pinguin. Warnanya standar hitam dan putih. Sementara untuk mata ikan, kami menggunakan mata boneka berukuran 3 mm berwarna hijau putih.

Quiet Book for Montesori Activity

Proses dimulai dengan menjahit kain flanel hitam berbentuk badan pinguin ke halaman quiet book. Pastikan posisinya ada di tengah-tengah. Jangan lupa, selipkan kedua kaki pinguin sebagaimana yang Bunda lihat di foto. Bunda bisa menjahitnya sekarang.

Kami tidak menjahit seluruh bagian kaki melainkan hanya sedikit bagian atas yang terselip ke badan pinguin. Bagaimana jika Bunda ingin menjahitnya? Tidak masalah. Ini hanya soal selera.

Lalu tata badan pinguin berwarna putih dan jahit. Bagian ini akan menjadi badan bagian depan termasuk muka pinguin. Letakkan hidung pada tempatnya dan mulailah menjahit pelan-pelan. Bagian ini cukup tricky. Selain kecil bentuk juga melengkung/membulat. Tidak perlu menginjak pedal terlalu kuat.

Berikutnya Bunda perlu menjahit velcro loop di bagian kiri/kanan perut pinguin. Jahit juga velcro hook ke back piece ikan. Setelahnya Bunda bisa menjahit ikan yang sudah dipotong sesuai pola ke back piece yang sudah dilengkapi velcro hook. Jangan lupa, selipkan salah satu ujung pita grosgrain di ekor ikan.

Opps, jangan lupa, tempelkan mata boneka dengan glue gun atau lem tembak. Nah, berikut di bawah ini ada foto halaman pertama. Bunda tertarik?

Pinguin for Mini Quiet Book

Aktivitas Kedua, Mengenal Bentuk Geometri

Rasanya terlalu berlebihan jika kita menyebut aktivitas quiet book ini sebagai mengenal bentuk geometri. Kita hanya menggunakan 2 bentuk yaitu segitiga dan persegi panjang. Namun, tidak ada nama lain yang lebih cocok, oopss ^^.

Shape Felt Book Pattern

Persegi panjang yang dijahit dengan posisi berdiri adalah dinding rumah. Pintunya adalah persegi panjang yang salah satu sisi pendeknya dibulatkan. Pintu ini Bunda jahit setelah menjahit dinding rumah. Posisi pintu tidak harus melulu di tengah. 

Free Felt Book Pattern

Di atas dinding rumah, pada bagian halaman quiet book, Bunda menjahit velcro loop. Sementara velcro hook-nya Bunda jahit di back piece segitiga atap rumah. Setelah itu, satukan segitiga atap rumah dan back piece-nya, jahit. Rapikan sisa benang dan gunting sisa kain flanel.

Free Felt Book Pattern

Nah, sesederhana itu Bunda! Hanya butuh 3 warna kain flanel! Bunda masih ragu? Coba kita lihat aktivitas lainnya.

Aktivitas Ketiga, Lady Bug

Kepakkan sayap lady bug dan hitung jumlah bolongan di sayapnya. Untuk aktivitas yang sangat sederhana ini Bunda hanya perlu 2 warna kain flanel. Pertama hitam, kedua merah. Warna merah bisa diganti menjadi kuning, jingga, biru, coklat, dan lainnya.

Mini Quiet Book Pattern for Free

Jahit flanel hitam berpola badan lady bug ke halaman buku. Jahit kain flanel merah berpola sayap ke back piece warna senada. Setelah sayap rapi dari sisa benang dan sisa kain flanel, lubangi sayap pada area tertentu. Bunda bisa menggunakan tang pelubang.

Jika Bunda tidak memilikinya, ganti lubang-lubang tersebut dengan bulatan hitam kecil terbuat dari kain flanel berukuran 5-10 mm. Jahit satu persatu detail kecil tersebut ke flanel sayap sebelum Bunda menjahitnya ke back piece. Sedikit lebih rumit, memang. Jika Bunda menggunakan lem, proses ini tidak akan memakan waktu lama.

Mini Quiet Book Pattern for Free
Mini Quiet Book Pattern for Free

Terakhir Bunda hanya perlu memasang mata boneka kecil di bagian kepala. Kami menggunakan lem tembak. Sebenarnya mata boneka ini sudah ada lem-nya. Kita hanya perlu mengelupas lapisan kertas di bagian bawah dan menempelkannya di tempat yang diperlukan. Namun, kami tidak yakin lem bawaan tersebut cukup kuat untuk menempel lama.

Simpel bukan? Bunda sudah menyelesaikan 3 aktivitas quiet book.

Aktivitas Keempat, Buah Apel

Terlihat sedikit tricky dimana salah satu bagian apel terbuka hingga bagian dalam sementara sisi lainnya dijahit ke halaman buku. Tapi sebenarnya menjahit aktivitas seperti ini tidak sulit. Kita hanya membutuhkan sedikit trik.

Felt Book Activity Idea

Dibutuhkan 2 pieces apel utuh, satunya berwarna merah (kulit apel) dan satu lagi berwarna putih (daging apel). Bunda juga perlu kain flanel untuk daun dan setengah (irisan) buah apel berwarna merah.

Ambil daun dan flanel piece setengah apel berwarna merah, letakkan di halaman quiet book. Atur posisinya agar nanti apel berada di tengah-tengah halaman busy book. Bunda bisa meletakkan setengah bagian apel ini di sebelah kanan atau kiri. Tergantung bagian mana yang Bunda inginkan menjadi daging apel.

Felt Book Activity Idea

Setelah dijahit kita beralih dulu ke kain flanel berbentuk apel utuh. Ambil daging apel, kain flanel berwarna putih, buat biji-bijinya dengan benang hitam. Jahit tangan saja. Setidaknya buat 6 biji, 3 di kiri dan 3 di kanan.

Satukan kedua kain flanel berbentuk apel utuh dan jahit setengah bagian saja. Pisahkan bagian merah dan putih yang tidak dijahit ke arah berlawanan. Tempelkan flanel putih ke irisan apel merah di halaman quiet book, jahit. Pastikan sisi luar apel merah terlihat untuk memberi kesan kulit apel.

Tarik flanel merah ke sisi lainnya yang kosong di halaman busy book, jahit. Bunda perlu berhati-hati agar jahitannya tidak terlihat timpang atau tumpang tindih.

Felt Book Activity Idea

Nah, saat bunda menjahit flanel putih dan merah apel utuh, Bunda perlu memperhatikan sisi mana yang akan dijahit dan yang tidak dijahit. Sesuaikan dengan irisan apel yang sudah ada di halaman quiet book mini.

Aktivitas Kelima, Perahu Berpenumpang

Di sini kita menekankan tentang shape, pengetahuan tentang transportasi laut, dan hewan. Binatang yang menumpang di perahu ada 2, berupa kancing yang terbuat dari kayu. Gunakan karakter apa saja yang Bunda miliki. Jika tidak ada, sebenarnya Bunda bisa membuat kepala hewan dengan kain flanel. Namun kami tidak menyertakan pola tambahan untuk ini.

Busy Book for Kid

Kain felt biru laut digunakan untuk gelombang laut. Kain flanel ungu muda sebagai lambung perahu. Kain flanel putih berpola segitiga untuk layar perahu.

Letakkan gelombang laut di halaman quiet book. Bagian bawah gelombang sejajar dengan tepian felt book page. Berpedoman pada posisi gelombang ini, cari tempat yang pas untuk menjahit lambung kapal. Pastikan sedikit bagian lambung kapal terendam air laut.

Letakkan sisi datar segitiga bersisian dengan mulut perahu. Jahit lurus dari puncak segitiga hingga ke bagian dasar sisi datar segitiga. 

Busy Book for Kid

Jahit tangan kancing di sebelah kanan dan kiri layar. Jika Bunda mempunyai sepatu mesin jahit untuk memasang kancing, pekerjaan Bunda sepertinya akan semakin mudah. Jika tidak, mari kita jahit tangan saja. Kami juga sering menjahit kancing manual karena malas mengganti sepatu mesin jahit ^^.

Ya, benar sekali. Mengganti sepatu mesin jahit hanya sekedar klak-klik saja ^^.

Busy Book for Kid
Busy Book for Kid

Hampir lupa! Sebagai pengetahuan, layar perahu berbentuk segitiga dan lambungnya adalah setengah lingkaran. Gelombang laut merupakan persegi panjang yang dibuat lebih indah.

Di dalam perahu ada 2 hewan yang menumpang, kucing dan anjing. Semoga tidak berakhir seperti Tom and Jerry ya ^^.

Dan, ini adalah PERAHU!

Bunda perlu mentransfer pengetahuan tersebut kepada balita untuk memperkaya pengetahuan dan kosataka mereka.

Aktivitas Keenam, Jamur dalam Keranjang

Di negara 4 musim, autumn atau musim gugur merupakan saat untuk panen jamur liar. Walaupun Indonesia tidak memiliki banyak varietas jamur, setidaknya kita masih mengenal beberapa seperti jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing, dan jamur enoki.

Di halaman buku flanel ini kita membuat aktivitas berupa jamur yang berada di dalam mangkok. Terlihat sepele ya Bunda untuk kita yang sudah dewasa. Tidak ada kancing, tidak ada velcro, tidak ada magnet.

Peruntukkannya adalah melatih tangan bayi memasukkan benda ke dalam wadah yang tersedia. Bunda akan mendapatkan sang buah hati menyukainya. 

Busy Book for Kid

Kita coba bahas bagaimana cara membuat aktivitas quiet book yang sangat sederhana ini. Bunda memerlukan kain flanel berwarna apa saja untuk mangkok. Kain felt coklat tua untuk kepala jamur dan kain flanel putih tulang untuk batang.

Serta pita grosgrain untuk mengikat jamur ke halaman mini quiet book.

Mini Book for Infant
Mini Book for Infant

Setelah menjahit mangkok ke halaman fbuku flanel, Bunda perlu menjahit batang jamur. Sebentar, jangan lupa untuk memastikan Bunda tidak mejahit bagian atas atau mulut mangkok.

Kembali ke batang jamur, setelah dijahit dan dirapikan dari sisa benang dan sisa kain flanel, sisipkan bagian atas batang diantara kepala jamur. Di bagian atas kepala jamur selipkan pita grosgrain.

Rapikan sisa benang dan sisa kain flanel. Selesai!

Jika Bunda memilih menggunakan lem tembak, back piece untuk setiap aktivitas dipotong sesuai pola front (main) piece-nya.
Edu Craft Maker Owner
Ummu Hanif
Quiet Book Maker

Aktivitas Ketujuh, Bunga dan Putik Sari

Berikan sedikit sentuhan berbeda untuk quiet book Bunda agar bayi bisa meraba dan mengenal ragam tekstur.

Pada halaman aktivitas ini kita menggunakan kain flanel, kain tile, dan mute 2 ukuran. Sudah kami tuliskan di atas, namun kami ingatkan lagi, Bunda harus menggunakan kain tile halus sehingga mute sekecil apapun tidak lolos keluar.

Sensory Page Quiet Book

Jahit kain flanel berpola bunga ke kain flanel halaman felt book. Jahit kain tile ke kain flanel bulat dengan bolongan di tengah. Posisi kain flanel berada di atas kain tile. Jahit bagian dalam lingkarannya Bunda. Gunting sisa kain tile agar tidak keliatan dari sisi luar lingkaran.

Tata lingkaran di atas bunga, di tengah-tengah. Masukkan mute, kumpulkan di tengah agar tidak pecah terjahit. Jika Bunda merasa repot, jahit dulu setengah lingkaran, masukkan mute, dan selesaikan jahitan. Kali ini, Bunda menjahit bagian luar lingkaran. 

Tidak sulit bukan?

Sensory Page Quiet Book
Sensory Page Quiet Book

AAktivitas Kedelapan, Helikopter

Mari perkenalkan alat transportasi udara ini kepada buah hati. Helikopter!

Buku flanel mengenal transportasi Udara

Di halaman aktivitas quiet book ini Bunda perlu cukup banyak kancing. Setidaknya 3 ukuran kancing plastik. 2 buah kancing plastik 8 atau 10 mm untuk roda, 1 kancing berukuran 30 mm untuk ekor, dan 1 kancing berdiameter 15 mm untuk baling-baling.

Seperti beberapa halaman lainnya, Bunda hanya butuh 3 warna kain flanel. Biru tua untuk badan heli, putih untuk jendela, dan biru muda untuk baling-baling.

Mungkin Bunda sudah mulai bisa menebak urutan kerjanya. Kita mulai dengan menjahit badan heli ke halaman buku flanel. Lanjutkan menjahit jendela. Kita jeda sebentar dan jahit felt fabric berpola baling-baling helikopter secara terpisah ke bagian back piece.

Buat lubang kancing di tengah baling-baling, di bagian bulat. Bagaimana caranya? Buat jahitan berbentuk persegi panjang sedikit lebih kecil dari ukuran kancing. Lubangi pas di tengahnya dengan pendedel.

Bunda tidak punya? Ambil saja pisau cutter, penggaris dan talenan. Letakkan sisi penggaris di tengah jahitan lubang kancing, sayat dengan berlandaskan talenan. Nah, segampang itu Bunda.

Buku flanel mengenal transportasi Udara

Sekarang saatnya menjahit kancing. 2 untuk kaki, satu di ekor, dan 1 di baling-baling. Posisi sesuai foto ya Bunda. Untuk kancing di bagian baling-baling, pastikan benang jahitan kancing berada di tengah-tengah sayatan lubang kancing. Kita membuat seperti ini agar baling-baling bisa diputar namun tidak bisa dilepas. Kenapa? Karena lubang kancing lebih kecil dari kancingnya.

Buku flanel mengenal transportasi Udara
Buku flanel mengenal transportasi Udara

Menjahit kancing dengan tangan atau dengan mesin jahit? Semua keputusan berpulang kepada Bunda. Tapi, kancing besar untuk ekor helikopter harus dijahit tangan. Kami memilih benang suji dan menggunakan keenam helainya sekaligus ^^.

Aktivitas Kesembilan, Piramida Warna

3 buah persegi panjang berbeda ukuran dan berbeda warna. Piramida. Konsepnya simpel. Setiap tingkatan piramida direkatkan dengan velcro serta “ditambatkan” ke halaman quiet book dengan pita grosrain.

www.educraftmaker.com

Pilih 3 warna yang Bunda suka, potong masing-masing sesuai pola. Sediakan 3 lembar lainnya untuk back piece tiap warna. Jahit velcro loop ke halaman felt book dengan jarak dan posisi yang bisa Bunda atur sendiri.

Velcro hook dijahit ke back piece. Setelah benangnya dirapikan, jahit masing-masing unsur piramida ke back piece. Jangan lupa selipkan salah satu ujung pita grosgrain.

Sebaiknya Bunda jangan menggunakan pita satin. Pita satin tidak seawet pita grosgrain.

Busy Book for Kid
Busy Book for Kid
Busy Book for Kid

Aktivitas Kesepuluh, Menggeser Bintang

Jika piramida warna adalah aktivitas yang mudah dibuat, Bunda akan sangat senang dengan yang satu ini. Menggeser bintang! Bunda hanya memerlukan satu warna kain flanel, kuning.

Busy Book for Kid

Jahit bintang untuk mini quiet book Bunda ini dengan cara berikut. Ambil back piece bintang, letakkan pita grosgrain melintang di atasnya. Perlahan letakkan flanel berpola bintang di atasnya. Pastikan salah satu ujung bintang dilewati oleh pita.

Jahit dan rapikan. Secepat dan segampang itu!

Busy Book for Kid
Busy Book for Kid

Interchangeable Binding sebagai Pilihan Tepat utuk Pemula

Keresahan terbesar para pemula dalam membuat busy book adalah tentang binding. Quiet book binding memang cukup susah dan perlu usaha melebihi membuat halaman aktivitas.

Ya, demikian jika Bunda menggunakan regular binding yang menyatukan dua halaman felt book dengan selembar kain yang dijahit ke masing-masing sisi.

Hasilnya memang sangat cantik. Tapi pilihan binding dengan eyelet tidak kalah elegan. Terutama jika Bunda memilih kain flanel sebagai halaman quiet book.

Interchangeable page busy book binding

Kelebihannya, Bunda dapat menambah atau mengganti halaman aktivitas kapan saja. Bunda hanya perlu memastikan ring yang digunakan untuk menyatukan semua halaman tersebut cukup besar. Bisa jadi, Bunda bisa memasukkan 20-30 aktivitas.

Interchangeable page busy book binding

Bunda bisa melihat video tutorialnya di bawah ini.

Jika ada yang tidak jelas atau apapun yang ingin ditanyakan seputar 10 ide aktivitas quiet book mini ini, Bunda bisa menuliskannya di kolom komentar. Kami akan menjawab sesuai pengetahuan yang kami miliki.

Terima kasih sudah mampir dan sampai di sini ^^.

You may also like...

2 Comments

  1. Idenya sangat kreatif kak terima kasih

    1. Sama-sama…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *