Peralatan wajib untuk krafter busy book
Tools & Materials

4 Peralatan Wajib untuk Krafter Busy Book

Peralatan wajin untuk Krafter Busy Book.

Untuk Bunda yang hendak memulai usaha busy book dan kebingungan menentukan peralatan apa saja yang harus dibeli. Apa saja yang sekiranya Bunda perlukan?

Peralatan pertama dan paling utama untuk membuat busy book ditentukan oleh teknik yang akan Bunda gunakan. Apakah Bunda hendak memproduksi felt book yang indah dengan mesin jahit?

Mungkin Bunda ingin menjahit busy book meski dengan keterbatasan dana? Tidak masalah. Kita punya solusi untuk ini. Dijahit tangan saja!

Sepertinya tugas yang berat. Oke, silahkan Bunda ciptakan keajaiban hanya dengan lem tembak.

Mesin Jahit

Mesin jahit. Tentu hanya dibutuhkan oleh krafter yang ingin menjahit karyanya. Mesin jahit portable sudah cukup memadai. Lebih tepatnya mesin jahit jenis ini sangat cocok untuk krafter busy book.

Ada banyak pilihan jenis jahitan di mesin jahit portable. Setidaknya, pastikan mesin jahit Bunda punya fungsi jahitan lurus, zizgag, dan pelubang kancing. Jahitan feston adalah bonus.

Tusuk feston atau blanket stitch yang biasa dibuat dengan jahit tangan, saat ini sudah bisa dihasilkan dengan mesin jahit. Hmm, kami mengetahui kebenaran ini setelah membeli mesin jahit Singer Heavy Duty 4432.

Peralatan wajib untuk krafter busy book
Foto: Amazon

Oh iya, mesin jahit ini juga harus disertai dengan Bobbin/spool/spul, sepatu mesin jahit standar, dan sepatu mesin jahit untuk membuat lubang kancing dan memasang kancing. Biasanya sudah ada di paket pembelian mesin jahit baru lengkap dengan pendedel.

Jarum Jahit Tangan

Tidak punya mesin jahit? Oke, Bunda bisa memilih jarum jahit tangan. Busy book boleh dijahit dengan tangan? Indeed!

Murah saja Bunda. Sekitar Rp 10,000-an untuk 1 set.

Jarum tangan
Foto: Treasurie

Pilih jarum yang tajam karena kain flanel memiliki serat yang sangat rapat. Bunda tidak ingin jari tangan menjadi ngilu karena proses menjahit buku flanel memakan waktu cukup lama.

Regular felt adalah bahan baku utama terbaik jika Bunda menjahit dengan tangan. Hard felt akan membuat Bunda kesulitan. Trust me!

Hot Glue Gun

Mau membuat felt book secara kilat? Bunda lem saja detail aplikasinya.

Bunda hanya membutuhkan hot glue gun/lem tembak, beserta amunisinya alias lem lilin atau isi lem tembak.

Peralatan wajib untuk krafter busy book
Foto: Google

Meskipun kami tidak begitu menyukai teknik ini, tapi Bunda boleh mencobanya dan lihat apakah Bunda puas dengan hasilnya. Uji coba untuk dimainkan oleh anak Bunda. Bunda bisa menilai sendiri bagaimana hasilnya.

Jika Bunda suka dan merasa puas, sepertinya Bunda mempunyai peluang yang cukup besar untuk masuk ke pasar busy book ekonomis.

Gunting Kain

Gunting kain tersedia dengan harga beragam mulai dari Rp 30,000-an hingga jutaan. Sebagai pemula kita gunakan yang murah saja.

Peralatan wajib untuk krafter busy book

Bedakan gunting untuk kain katun dan gunting untuk kain flanel. Kain flanel yang banyak beredar dan biasa digunakan untuk kerajinan tangan terbuat dari serat sintetis berbahan dasar minyak bumi. Karakteristiknya mirip seperti plastik.

Jika Bunda menggunakan gunting yang sama, kemungkinan besar gunting Bunda akan merusak kain katun. Hasil guntingan tidak mulus. Atau setidaknya proses menggunting menjadi tersendat.

Gunting Kertas

Gunting kertas kemungkinan dimiliki setiap rumah. Dan kita membutuhkan gunting kertas untuk menggunting pola.

Kami biasanya menggunting kain flanel (harf felt) sekalian atau bersamaan dengan polanya. Tergambar?

Gunting Kertas

Kami menggunakan pola sekali pakai yang dicetak di atas kertas HVS A4. Kertas ini tipis, tentu saja. Untuk menghemat waktu, kami skip tahapan menjiplak pola ke atas kain flanel.

Ambil kain flanel yang akan digunting. Letakkan pola di atasnya, gunting sesuai dengan garis pola. Bisa dipakaikan paper clip sebagai penahan agar pola tidak bergeser.

Untuk proses seperti ini kami menggunakan gunting kertas. Jangan sekali-kali gunakan gunting kain, Bunda!

Pendedel

Sebisa mungkin alat ini tidak pernah digunakan untuk fungsi utamanya.

Pendedel diperlukan jika sewaktu-waktu ada kesalahan ketika menjahit. Melepas jahitan di kain flanel terutama kain flanel biasa lebih merepotkan daripada melepas benang jahitan dari kain katun.

Sebaiknya Bunda berhati-hati agar tidak menyobek kain flanel. Bunda tidak perlu membuang kain yang salah jahit. Setelah jahitannya dilepas, Bunda hanya perlu menjahit ulang.

Pendedel Edu Craft Maker

Saat Bunda hendak memasang kancing magnet, Bunda akan membutuhkan si kecil yang tajam ini. Kaki kancing magnet berbentuk lempengan tipis dan sedikit lebar. Guratan kecil di kain dengan pendedel adalah pilihan tepat.

Belakangan kami menggunakan brad metal sebagai mata boneka. Sama seperti kancing magnet, brad metal mempunya 2 kaki yang tipis dan lebar. perlu sedikit lubang atau sayatan untuk menyembunyikan kakinya di belakang kain flanel.

Pendedel juga sangat membantu ketika hendak membuat lubang kancing. Percayalah, Bunda akan membuat lubang kancing untuk busy book detail lebih banyak dari jumlah kancing di baju yang Bunda pakai ^^. 

Bagaimana Bunda? Tidak mahal, bukan? So, tunggu apa lagi. Ayo dimulai sekarang!

 

Salam hangat ^^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *