5 Hal tentang busy book yang harus kami tahu
Behind the Scene, Edu Craft

5 Hal yang Harus Bunda Tahu tentang Busy Book

Berapa lama balita Bunda menggunakan gadget dalam sehari? Sempatkah terlintas tanya, apa manfaat dan mudharat gawai untuk si kecil? Dewasa ini, gadget menjadi media wajib untuk belajar dari internet. Guru sering meminta anak untuk mencari tugas sekolah di jagad maya. Sejak Covid-19 diluncurkan, eh, muncul, proses pembelajaran beralih dari tatap muka langsung menjadi online learning. Dan buah hati Bunda yang masih bersekolah di PAUD, dikenai kebijakan ini.

Oke, sampai di sini baik-baik saja. Kita tidak melihat adanya bahaya untuk buah hati.

Suatu ketika Bunda menyadari bahwa anak Bunda mulai kecanduan gadget. Mereka menggunakan henpon tidak hanya untuk belajar. Si kecil yang cepat sekali mengolah informasi, telah mulai mengakses game online dan menonton video Youtube kesukaannya.

Bunda menyiasati dengan mengaktifkan mode pesawat. Sayang, Bunda kalah cepat. Anak-anak sudah mendownload video dan mainan kesukaannya yang bisa digunakan secara offlline. Sang putri dan jagoan mulai asyik dengan dunia kecil mereka, menjauh dari kehidupan sosial. Ketika Bunda membatasi waktu bermainnya, si kecil mulai tantrum. 

Busy book media pembelajaran quiet book

Ketakutan akan masa depan si kecil yang suram membawa Bunda mencari cara mengatasinya. Banyak solusi dan alternatif yang disarankan. Salah satunya, mengajak anak untuk melakukan aktivitas di alam.

Oh, Bunda tinggal di apartemen atau mungkin di dalam gang kecil di perkotaan. Bunda memang bisa mengajaknya ke taman bermain dan kebun binatang. Tapi tidak setiap hari. Di tengah perjuangan itu mungkin Bunda menemukan artikel ini.

Kami memperkenalkan busy book sebagai salah satu solusi pengganti mobile phone yang cukup menarik. Bisa jadi lebih engaging, memikat, karena anak dituntut aktif bermain dengan quiet book.

Apakah Bunda merasa frasa tersebut familiar? Quiet book atau di Indonesia lebih populer dengan sebutan busy book, semakin disenangi oleh orang tua. Buku berbahan kain flanel ini bisa menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan kecanduan si kecil terhadap gawai.

Busy book adalah mainan berbentuk buku yang terbuat dari kain. Berisi aneka ragam aktivitas yang menarik dan menghibur sehingga si kecil menjadi sibuk bermain. Dengannya si buah hati menjadi diam dan tenang. Dari sinilah nama busy book bermula.

Dikenal juga dengan sebutan quiet book, cloth book, soft book, felt book atau buku flanel, dan activity book. Semuanya sama. Tujuannya membuat anak sibuk dan diam dengan kegiatan permainan yang ada. Dewasa ini busy book sudah menjadi media pembelajaran yang efektif untuk balita. Bunda bisa membaca banyak penelitian sarjana dan magister tentang hal ini.

Busy Book Menjauhkan Anak dari Gadget
@first__book
Mengatasi Kencaduan Gadget pada Balita
@petitbunny_th
How to Keep Your Children Away from Gadget
@prettychildish

Terminologi quiet book terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya jenis soft book yang tersedia. Sejalan dengan pengertiannya, activity book biasanya dipenuhi dengan ragam aktivitas yang menarik. Terdiri dari bagian-bagian yang bisa dilepas dan dipasang kembali. Untuk menarik perhatian anak, detail dalam felt book dibuat kontras dengan halamannya dan beraneka warna.

Apakah Sama Busy Book dan Buku Bantal?

Buku bantal dibanderol dengan harga yang relatif jauh lebih murah dibanding busy book. Apakah buku ini dapat kita kategorikan dalam kelompok quiet book?

Jika ditinjau dari beberapa aspek yang membentuk pengertian busy book, buku bantal bisa dikategorikan sebagai salah satu varian quiet book. Hanya saja, buku bantal tidak memiliki aktivitas hidup untuk merangsang kecerdasan dan kreativitas.

Oleh sebab itu buku bantal cocok diberikan kepada anak berusia di bawah 2 tahun. Tujuannya adalah memperkenalkan rupa dan warna. Serta merangsang perkembangan indera penglihatan.

 

Buku bantal banyak ditemukan di instagram
@instagram #bukubantal

Untuk usia lebih kecil, 3 bulan hingga satu tahun, Bunda bisa memperkenalkan buku kontras. Seperti namanya, buku ini menggabungkan 2 warna yang saling bertentangan. Seperti memadukan warna putih dan hitam, biru dan merah, atau kuning dan hitam.

Variasi Quiet Activity Book

Selama bertahun-tahun, busy book berkembang. Bentuknya tidak lagi hanya berupa bundelan buku yang bisa dibalik tiap halamannya. Quiet matsactivity cubes, dan busy ball semakin banyak diminati. Di bidang sensory activity, para krafter sudah membuat sensory tabletPerkembangan ini tidak terlepas dari kreativitas krafter dan permintaan pasar yang cukup menjanjikan.

Quiet mat dapat berbentuk lembaran selimut yang diisi dengan aktivitas busy book. Ini lebih seperti Bunda membongkar semua halaman buku flanel dan menyusunnya menjadi sebuah tikar. Di bagian tengah terdapat free space sebagai tempat duduk kala bermain.

Busy Mat 12 aktivitas
@little.kid.dvl.shop

Ada lagi, car play mat. Berupa satu lembar kain yang cukup lebar, dipenuhi oleh jalanan yang berkelok-kelok. Di setiap sisi jalan ada gedung, taman, laut, gunung, atau hutan kota. Jangan lupakan mobil dan aneka kendaraan.

Agar lebih real, buat air mancur di bunderan jalan dan bangun high way serta terowongan. Bunda juga butuh SPBU serta tempat mencuci mobil. Sepertinya kita bisa menambahkan beberapa ekor ikan di kolam bunderan. Sediakan pancingan supaya buah hati bisa memancing.

Busy Mat Galaxy Bima Sakti
@akh_handmade

Untuk anak yang sudah cukup besar, Bunda bisa membuatkan mat berupa miniatur alam semesta. O, milky way, galaxy bima sakti, misalnya, tempat kita berada. Tidak sulit, hanya butuh 1 matahari, 8 planet, beberapa satelit planet, komet, dan meteorit. Untuk mendapatkan kesan yang nyata, buat mat-nya berbentuk oval atau bulat.

Yeah, semua itu adalah busy book. Mainan edukasi yang terbuat dari kain serta pelengkapnya yang sangat membantu membuat anak bermain dengan asyik.

Kenali Fungsi Busy Book untuk Anak Bunda

Apakah Bunda tertarik dengan felt book? Agar lebih yakin, mari kita elaborasi lebih jauh. Apa manfaat quiet book untuk balita Bunda. Dimana membelinya? Bunda ingin membuatnya, bagaimana caranya? Bahan apa yang Bunda perlukan?

Menjauhkan Anak dari Gadget

Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa busy book tercipta untuk membuat anak tenang saat datang ke rumah ibadah, mengunjungi dokter, dan ke tempat umum lainnya. Namun dalam perkembangannya, felt book digadang-gadang sangat efektif menjauhkan anak dari paparan dan kecanduan akan gadget.

Mengutip penjelasan dr Melly di laman Merries, di usia 0-5 tahun otak si kecil berada dalam periode emas. Dikenal secara luas dengan istilah golden period of development. Di masa ini, balita mengalami banyak lompatan dalam perkembangan otaknya. Termasuk kemampuan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi.

Jika dibiarkan, kertegantungan pada gawai dapat menyebabkan gangguan mental seperti kepribadian anti-sosial dan meningkatkan resiko autisme.

Lalu, bagaimana busy book dapat menjauhkan anak dari bahaya tersebut? Sebelumnya, perlu kita pahami bahwa penyebab kecanduan gadget diantaranya, adalah:

  • Gadget menyediakan banyak hal baru. Hal ini sangat menarik bagi anak karena mereka selalu tertantang mencoba hal-hal baru;
  • Gadget memberikan banyak kesenangan, mulai dari menonton film hingga menyediakan permainan dengan grafis yang menakjubkan;
  • Banyak orangtua yang tidak memberlakukan peraturan ketat terkait gadget, sehingga si kecil akan terbiasa dan nyaman dengan gadget.
Quiet book, yang memuat banyak aktivitas menarik bisa mengalihkan perhatian balita. Ada banyak hal yang dieksplorasi dari sebuah halaman busy book. Aktivitas tersebut juga mampu merangsang perkembangan imajinasi dan kreativitas. Kelebihannya, anak bisa menyentuh dan merasakan benda yang ada di buku flanel ini.

Manfaat Buku Flanel Bagi Balita

Manfaat busy book untuk balita Bunda dapat kita uraikan melalui poin-poin berikut.

  • mengembangkan fungsi saraf motorik halus;
  • membantu menyelaraskkan koordinasi mata dan tangan;
  • belajar mencari solusi;
  • mengembangkan kreativitas;
  • melatih fokus;
  • melatih kecerdasan visual
  • melatih anak berpikir logis.
  • belajar logika matematika (mengenal angka dan berhitung);
  • mengasah skill kreatif;
  • belajar mengenal warna dasar;
  • memilah dan memasangkan benda serupa;
  • mengenali bentuk geometri;
  • belajar melafalkan nama benda dengan benar.
  • memasang dan melepas kancing;
  • membuka dan menutup resleting;
  • mengikat dan melepas tali sepatu;
  • mencoba mengepang rambut;
  • membuat anyaman dalam rangka belajar membuat pola;
  • memasang dasi.

Jika kita telaah poin-poin di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa busy book dewasa ini telah berkembang dari sekedar alat untuk membuat si kecil anteng menjadi media pembelajaran yang cukup digemari oleh anak-anak.

Buku Aktivitas; Sebaiknya Dibuat atau Dibeli?

Sampai di sini sepertinya Bunda sudah mengerti banyaknya manfaat busy book dalam membantu tumbuh kembang buah hati. Tapi mungkin Bunda masih bingung bagaimana memperolah quiet book. Apakah sebaiknya dibeli atau dibuat?

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa penjelasan yang dapat Bunda jadikan sebagai pertimbangan dalam memutuskan, apakah akan membeli atau membuat sendiri activity book pertama Bunda.

Harga

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga barang merupakan unsur penting dalam pengambilan keputusan. Quiet book dijual dengan harga beragam. Di Indonesia, harga busy book dipatok pada kisaran Rp 5,000 hingga Rp 75,000 per halaman aktivitas. 

Harga yang lebih fantastis dapat kita lihat di pasar felt book luar negeri. Satu halaman soft book bisa dihargai hingga Rp 300,000. Mungkin Bunda akan ternganga jika baru mengenal activity book. Tapi demikianlah adanya dan tetap saja ada peminatnya, hehe..

Harga buku flanel biasanya ditentukan berdasarkan kualitas bahan yang digunakan, kualitas jahitan, kerapihan produk, dan kerumitan aktivitas. Busy book seharga Rp 5,000 per halaman adalah quiet book yang halaman aktivitasnya terbuat dari kain flanel. Bisa jadi berukuran 15×15 atau maksimal 20×20.

Detail aktivitas hanya 1 lembar, tidak dilapis, dan tentu saja tidak dijahit. Velcro yang digunakan digunting seadanya tanpa memperhatikan aspek keamanan. Untuk Bunda ketahui, sudut velcro jika tidak dibulatkan, sangat tajam dan bisa melukai si kecil. Berbicara soal ketahanan, busy book ini tidak bisa Bunda andalkan.

Kita naikkan sedikit harganya ke angka Rp 25,000 per halaman. Quiet book dengan kualitas cukup baik. Halaman buku dibuat dari kain katun, meskipun biasanya menggunakan kain katun yang sedikit kasar. Detail aktivitasnya sudah dijahit dengan baik. Namun sebagian kecil biasanya ada yang dilem.

Jika Bunda punya budget lebih, sebaiknya beli buku flanel seharga minimal Rp 50,000 per halaman. Selain kualitas bahan sangat baik, biasanya krafter menjahit detail dengan rapi. Quiet book seperti ini bisa diwariskan dari satu anak ke anak berikutnya.

Doll House sebagai Modifikasi Quiet Book
Etsy Belovochka

Waktu dan Proses Pengerjaan

Bunda punya banyak waktu untuk mencari ide dan membuat pola. Menentukan bahan yang akan digunakan dan tidak kerepotan membelinya. Dengan segala keyakinan mampu memotong bahan, lalu menjahitnya. Dalam situasi ini, tidak ada ruginya jika Bunda membuat sendiri buku aktivitas untuk ananda.

Dalam proses pengerjaannya Bunda bisa melibatkan anggota keluarga lainnya sehingga pekerjaan itu dapat cepat diselesaikan. Jika balita Bunda mempunyai seorang kakak, ajak si kakak untuk membantu membuat buku adiknya.

Rasa cinta dan kasih sayang yang terbentuk dalam proses ini tidak bisa Bunda beli dengan uang. Secara tidak langsung Bunda sudah mengajarkan si kakak agar mau membantu adiknya. Merelakan waktunya demi memberikan hadiah untuk saudaranya.

Tidak hanya itu, si kakak juga akan mendapat manfaat dari proses tersebut. Ada banyak skill yang bisa dipelajari selama proses pengerjaan busy book.

Namun, jika Bunda adalah wanita karir, tidak memiliki waktu luang, sebaiknya beli saja quiet book dari krafter yang Bunda percaya. Jangan membuang waktu yang berharga bersama si kecil hanya untuk fokus membuatkannya mainan.

Lebih berbahaya lagi jika kakak si kecil ikut merasa terbaikan karena Bunda sibuk dengan pekerjaan tambahan ini. Mungkin terlihat biasa, akan tetapi memori yang tertanam dalam benak si kakak adalah ibunya lebih sayang kepada si adik.

Besar kemungkinan, hubungan kakak beradik akan menjadi renggang. Rasa iri dan dengki, serta kecemburuan yang timbul memberi efek negatif hingga mereka besar nanti. Sejenak kita cermati kisah Nabi Ayub as dengan 12 orang anaknya. 10 saudara Yusuf as merasa bahwa ayah mereka lebih mencintai saudara mereka Yusuf As. Dan kita tahu apa kelanjutan kisahnya.

I Spy Mainan Edukasi Media Pembelajaran Kreatif
Etsy Elephant Quiet Book

Saat membeli activity book, pertimbangkan pula berapa lama quiet book pesanan Bunda dikerjakan. Untuk mendapatkan busy book yang sesuai dengan keinginan Bunda sebaiknya pesan buku custome. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu buku dengan kualitas lumayan bagus, biasanya sekitar 1 minggu.

Tapi pilihan soft book yang ready stock juga tidak kalah menarik. Krafter membuat busy book berdasarkan range usia. Bunda tinggal pilih felt book sesuai usia si kecil. Hanya, tentu saja, kita tidak bisa memilih aktivitas yang kita inginkan secara leluasa.

Pilih Aktivitas Quiet Book Sesuai Usia Anak

Jika Bunda masih belum memutuskan apakah akan  membuat sendiri buku si kecil atau membelinya, mari kita lanjutkan pembahasan. Bagian ini mengenai mencari ide aktivitas untuk setiap halaman buku. Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan. Tanyakan kepada teman yang sudah berpengalaman menggunakan busy book sebelumnya. Atau, googling!

Jangan lupa untuk memperhatikan usia anak Bunda dan seberapa jauh perkembangannya. Karena proses perkembangan setiap anak berbeda, Bunda tidak bisa menggunakan patokan usia sebagai satu-satunya pertimbangan dalam memilih aktivitas.

Penting untuk diperhatikan bahwa quiet book diharapkan benar-benar mampu membantu si kecil tumbuh dan berkembang. Kegiatan yang terlalu mudah bisa jadi tidak menarik bagi buah hati Bunda. Sementara aktivitas yang terlalu rumit dapat membuat pangeran dan tuan putri menjadi frustasi. Berbekal dua hal tersebut, mari kita lihat apa yang bisa Bunda lakukan untuk memilih aktivitas yang tepat.

  1. Cari ide dan inspirasi di internet. Kumpulkan sebanyak mungkin ide yang sesuai untuk usia anak Bunda;
  2. Modifikasi aktivitas sesuai dengan minat si kecil seperti playing house atau doll house, pesawat, dan kendaraan. Bunda juga bisa menyelipkan pengetahuan yang ingin Bunda sampaikan, seperti waktu shalat dan puzzle ka’bah;
  3. Buat rancangan busy book Bunda. Dari sini Bunda bisa membuat pola sederhana untuk setiap halaman.

Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat Bunda pertimbangkan untuk membuat busy book:

  1. Mengenal dan memasang warna serupa;
  2. Mengenal dan memasang bentuk serupa;
  3. Menggunakan aneka kancing seperti kancing snap, kancing plastik, kancing magnet, hingga buckle;
  4. Memisahkan dan mengumpulkan benda serupa;
  5. Belajar alfabet dan mengeja kata;
  6. Belajar angka dan bilangan;
  7. Memperkenalkan hewan, tumbuhan, dan alam;
  8. Aneka macam game seperti memory, tic tac toe, dan checkers.

Jika Bunda memutuskan untuk memesan saja kepada krafter andalan Bunda, pastikan beberapa poin yang kita bahas di atas menjadi pertimbangan. Diskusikan dengan pembuat busy book semua hal yang menjadi pertimbangan Bunda. Beritahukan apa yang Bunda inginkan dan tanyakan pendapatnya.

Krafter dengan jam terbang tinggi biasanya memiliki pengetahuan yang memadai terkait hal ini. Jadi jangan sungkan untuk bertanya dan menyampaikan apa yang dibutuhkan anak Bunda.

Bahan dan Alat yang Diperlukan untuk Membuat Busy Book

Oke, jika Bunda sampai pada bagian ini, dapat kami simpulkan bahwa Bunda, dengan segala pertimbangan, memutuskan untuk membuat sendiri busy book yang Bunda inginkan. Good job! Ya, tidak semua orang tua mau dan mampu melakukannya. Membuat quiet book dari awal hingga selesai disertai dengan kasih sayang yang besar terhadap anak, hasilnya tentu luar biasa.

Sebelum kita beranjak membahas bahan dan alat yang Bunda butuhkan, kami ingin Bunda mengingat hal berikut. Anak kecil tidak bisa melihat ketidaksempurnaan. Jadi, bagaimanapun hasil busy book yang Bunda buat nantinya, selama bermanfaat dan si kecil senang, maka Bunda sudah berhasil.

Bahan yang Dibutuhkan Membuat Busy Book

Bunda akan membutuhkan bahan-bahan di bawah ini untuk membuat sebuah busy book.

  1. Kain katun. Sebaiknya gunakan kain katun yang halus. Kain katun halus biasanya terbuat dari 80-100% katun. Populer di kalangan krafter kain katun Jepang dan katun lokal. Harap diperhatikan, kain katun lokal memiliki jenis dan kualitas yang beragam;
  2. Felt fabric. Biasa dikenal di Indonesia dengan sebutan kain flanel. Meskipun sebenarnya kain flanel bukanlah kain felt, tetapi di Indonesia kedua kata itu menunjuk kepada satu benda. Setidaknya terdapat 2 jenis kain flanel yang biasa digunakan oleh para krafter. Kain flanel kaku dan kain flanel lembut;
  3. Benang. Ada dua merek benang jahit yang biasa kami gunakan. Astra dan Extra. Keduanya diklaim menggunakan bahan 100% polyester sehingga awet, tidak mudah putus. Kenyatannya, harga benang Astra hampir dua kali lipat benang Extra;
  4. Kain keras atau staplek. Biasa digunakan untuk melapisi kerah baju. Kain ini akan membuat halaman buku menjadi kaku dan kokoh;
  5. Embellishments. Terdiri dari kancing, pita, tali sepatu, magnet, mutiara sintetis, velcro, dan lain sebagainya sesuai aktivitas yang Bunda buat.

Jika diperlukan, Bunda juga bisa membeli eyelet dan/atau grommet. Terutama jika Bunda ingin halaman bukunya dapat dilepas dan diganti, penggunaan grommet untuk binding sangatlah penting.

Peralatan Membuat Media Pembelajaran Busy Book

Kecuali Bunda ingin membuatkan si kecil busy book secara rutin, sebaiknya beli alat seminimalis mungkin. Tidak perlu membeli mesin jahit jika memang tidak ada. Jahit saja buku Bunda dengan tangan. So, mari kita lihat, peralatan apa yang bunda butuhkan.

  1. Gunting kain. Pilih gunting kain sederhana yang harganya di bawah Rp 50,000;
  2. Gunting kertas. Agar gunting kain Bunda awet, sebaiknya Bunda membeli gunting kertas terpisah. Gunting kertas ini diperlukan untuk memotong pola. Namun, rumah mana yang tidak memiliki gunting?
  3. Jarum jahit tangan. Ini adalah pilihan paling fair untuk Bunda yang ingin membuat media pembelajaran quiet book. Membeli mesin jahit demi sebuah felt book, terdengar tidak masuk akal;
  4. Glue gun dan glue gun stick. Lem tembak dan stik-nya. Jika Bunda merasa bahwa menjahit dengan tangan memakan waktu sangat lama, lem saja semua aktivitas yang Bunda buat. Tapi, Bunda tidak bisa menggunakan kain katun untuk lembar halaman. Tidak apa, kain flanel juga bagus dijadikan halaman aktivitas. Banyak krafter menggunakannya untuk opsi quiet book yang lebih ekonomis;
  5. Gunting zigzag dan gunting gelombang. Tidak terlalu penting, tapi jika Bunda punya budget berlebih, sebaiknya berinvestasi di alat ini;
  6. Alat pelubang dan pemasang eyelet dan/atau grommet. Mau tidak mau Bunda harus membeli alat pemasang eyelet jika ingin menggunakannya di buku Bunda.
  7. Snap plier. Sama halnya dengan eyelet, Bunda butuh alat khusus untuk memasang kancing jepret atau snap.

Last but not least...

Jika Bunda memang ingin membuat sendiri busy book untuk buah hati, kami menyediakan pola gratis beserta tutorialnya. Silahkan bergabung bersama kami di grup FB Edu Craft Maker. Bunda secara otomatis akan mendapatkan akses tak terbatas kepada semua pola yang kami sediakan. Dan, all is free!

Tutorialnya bisa Bunda tonton di akun Youtube kami, Ummu Hanif. Ada playlist khusus tutorial busy book di sana. Sementara untuk kain flanel kaku, kami sediakan dalam beberapa ukuran. Bunda bisa memilihnya di sini.

Mohon dimaklumi jika pola dan DIY tutorial quiet book yang kami berikan secara cuma-cuma masih sedikit. Seiring dengan berjalannya waktu kami akan terus menambah koleksi pola dan tutorial.

So, here we go, again.

Bye for now and see you soon ^^.

Happy crafting!

You may also like...

1 Comment

  1. […] tulisan tentang manfaat busy book, fishing toy berfungsi untuk membantu mengembangkan saraf motorik halus balita. Melatih […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *