Mesh Tube
Material

7 Bahan Busy Book yang Sulit Ditemukan di Indonesia

Bahan busy book cukup ringkas jika Bunda membuatnya sederhana. Sebaliknya kalau Bunda hendak membuat quiet book yang cukup rumit, bahan yang dibutuhkan tentu tidak sedikit.

Di antara bahan-bahan tersebut mungkin ada beberapa yang hingga saat ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Seperti kain flanel kaku, bahan utama membuat felt book premium.

Bahan quiet book apalagi sekiranya yang kita butuhkan namun perlu membeli dari luar negeri? Yuk, simak pembahasannya.

Mayoritas krafter di Indonesia menggunakan regular felt sebagai bahan baku utama pembuatan quiet book. Apakah ini karena stiff felt terbilang langka? Atau apakah hard felt ini langka karena produsen felt book di Indonesia tidak meliriknya?

Entahlah…

Yang pasti beberapa bahan berikut terhitung sangat susah untuk diperoleh di sini. Mau tidak mau kita harus membeli dari luar negeri. Untuk pilihan ongkos kirim murah, jangka waktu pengirimannya sangat lama. Berdasarkan pengalaman kami, sebagian paket bisa memakan waktu hingga 6 bulan.

Bunda penasaran apa saja itu?

Hard/Stiff Felt

Bunda tentunya sudah sering melihat, menggunakan, atau membeli regular felt. Selain untuk kebutuhan kraft, regular felt umum digunakan sebagai media tanam hidroponik.

Namun pernahkah Bunda mendengar tentang hard felt? Atau mungkin Bunda pernah membelinya.

Jika Bunda adalah pengrajin busy book dan sudah mulai mengenal hard felt, akan susah bagi Bunda untuk move on. Benar?

Itulah yang kami alami ketika pertama kali berkenalan dengan stiff felt. Kaku, namun tetap enak dijahit dengan mesin. Seperti menjahit kertas! Detail busy book yang kita buat menjadi lebih tegas dan rapi. Tidak meleot dan tidak letoi atau loyo.

Kain flanel kaku Mande Kage DIY
Kain flanel kaku @mandekagediy

Sekiranya Bunda sudah menggunakan kain flanel ini, tentu Bunda paham sekali bahwa hard felt cukup susah ditemukan di Indonesia hingga saat ini. Kebanyakan krafter membeli langsung dari negeri tirai bambu melalui salah satu marketplace.

Stiff felt Cina memiliki ketebalan 1,2 mm. Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 10 cm hingga maksimal 30 cm. Rata-rata seller menjualnya dalam kemasan isi 40 lembar, terdiri dari 40 atau 20 warna.

Setelah beberapa lama memperhatikan kain flanel kaku dari Cina ini kami mendapat kesan sebagai berikut.

Pertama, ketebalannya yang diaku 1,2 mm tidak rata untuk semua kain dalam 1 pack.

Kedua, setiap pack berisi 40 warna berbeda. Warna di satu pack dengan pack lainnya, untuk ukuran yang sama, bisa saja berbeda walaupun Bunda membeli dalam satu waktu dari toko yang sama.

Ketiga, tone warna kain flanel berbeda di setiap ukuran.

Keempat, harganya lumayan terjangkau. Bahkan ada krafter yang berani menjual busy book berbahan kain flanel kaku ini di harga Rp 300,000-an.

Dibandingkan dengan kain flanel kaku dari Korea, stiff felt Cina lebih murah dengan kualitas yang tentunya jauh di bawah Korean hard felt.

Korean hard felt
Korean Hard Felt 1,2 mm

Korean hard felt, flanel yang membuat kami langsung jatuh cinta. Saat diraba, stiff felt Korea terasa halus. Memiliki ketebalan 1,2 mm, rata untuk semua warna. Lebih padat dan kokoh.

Jika Bunda memejamkan mata dan meraba Korean dan Chinese felt, Bunda langsung dapat merasakan bedanya. Yup, sebeda itu!

Bunda juga perlu memejamkan mata untuk membeli kain flanel ini, hehehe. Harganya tidak begitu mahal, tidak jauh berbeda dengan kain flanel kaku Cina. Ongkos kirim dan pajaknya yang akan mengeruk kantong Bunda sangat dalam, hohoho.

By the way, bisakah Bunda membedakan kedua jenis kain flanel di atas? Mari kita lihat lagi. Kami tampilkan fotonya side by side di bawah ini agar Bunda dapat melihatnya dengan lebih jelas.

Kain Flanel Cina
Kain Flanel Kaku dari Cina
Korean Hard Felt
Korean Hard Felt

Glitter Felt

Glitter felt yang kami maksud adalah kain flanel kaku yang dibubuhi bubuk glitter. Ada juga kain flanel biasa yang berglitter, namun bukan itu yang kita bahas di sini.

Selangka Korean hard felt. Yess! Belum nemu di Indonesia. Entah kenapa kain flanel kaku dari Cina juga tidak ada yang berglitter.

Glitter Felt
Foto The Felt Pod

Pernah jungkir balik (seriusan, nyarinya lama banget) di Aliexpress dengan harapan akan memiliki fabric jenis ini. Ada dong yang jual. Kami beli.

Sebulan, barangnya tidak juga datang. Karena tidak sabar dan memang sedang dibutuhkan, kami memutuskan untuk membeli eva foam glitter di salah satu toko online.

3 bulan berlalu (udah kayak perjalanan haji sebelum kemerdekaan aja lamanya). Ternyata yang datang adalah eva foam glitter.

Speechless…

Jauh-jauh dari seberang Samudera Pasifik (walaupun yang dijual oleh pedagang di sini juga demikian sepertinya) dan menempuh perjalanan hingga 3 bulan, eh, barang yang dibeli ada loh di toko alat tulis.

Mau protes? Bisa aja balikin barangnya dan refund. But who will go through this hell?

Eva Foam Glitter

Saat menulis artikel ini kami sempatkan mencoba mencari lagi di marketplace dalam negeri. Pencarian yang cukup singkat.

Di marketplace ijo, kami menemukan 1 toko yang menjual kain flanel gllitter (setidaknya begitu yang tertulis). Dijual 1 pack berisi 14 lembar ukuran A4. 1 lembar per warna. Harganya lumayan mahal dan barangnya tidak ready stock melainkan, yup, pre order.

Di platform oren, kami menemukan beberapa seller. Namun sebagian diantaranya menjual kertas origami mengkilat dan memberi judul dagangannya Felt Cloth Glitter.

Khusus di platform oren ini Bunda harus berhati-hati. Baca dengan teliti judul serta keterangan produk. Beberapa kali kami melihat ulasan yang menyatakan bahwa mereka “tertipu” karena tidak membaca keterangan dan melihat foto produk dengan jeli.

Aneka Glitter Leather
Pengganti Glitter Felt

Foto di atas kami ambil dengan kamera hape setting normal tanpa editan. Sekilas mungkin tidak jelas perbedaannya. Jika Bunda perhatikan lebih lama, seharusnya Bunda bisa melihat beda keduanya.

Mesh Tube

Pencarian mesh tube ini juga ga kalah dramatis. Berawal dari melihat karya salah seorang krafter di instagram, kami sempatkan bertanya apa bahan yang digunakan. Kami lupa apa jawabannya saat itu karena tidak langsung dicatat.

Karena ingin sekali mencoba menggunakannya untuk salah satu aktivitas busy book Mande, kami usahakan mencarinya. Pencarian membuahkan hasil dan inilah dia sebagian stok mesh tube kami.

Bahan Busy Book Mesh Tube

Beberapa waktu yang lalu kami sempat melihat produk serupa di instagram. Tidak ada caption, hanya foto. Ketika ditanya tidak ada balasan. Kalau stok ini habis, sepertinya kami akan mencoba membeli dari sana.

Cermin Akrilik Bulat

Nyata sekali kami ini korban krafter busy book luar negeri, hoho. Cermin cantik yang selalu hadir di setiap doll house mereka membuat kami penasaran.

Cari dicari, eh nemu salah satu krafter busy book menjualnya di instagram. Harganya lumayan terjangkau. Masalahnya, seller berada di Kalimantan. Mengetahui ongkos kirim lebih dari Rp 50,000 kami mundur teratur, hihi.

Tidak menyerah, kami mencari lagi di berbagai marketplace dan online store. Kami menemukan beberapa namun tidak ada yang bulat. Adanya hexagone, persegi panjang, dan persegi. Ukurannya pun cukup besar. Wajar, karena peruntukkannya adalah sebagai media home decor.

Alhasil, kami kembali log in ke Aliexpress dan menunggu kurang lebih 1 bulan hingga cermin tersebut sampai.

Cermin Akrilik

Cermin ini cukup tipis dan ringan. Tebalnya 1 mm. Di sisi belakang cermin ada lem yang terlindung kertas. Ketika hendak dipakai, kelotek dulu kertasnya dan lem bisa langsung ditempel ke media yang diinginkan. Bagian depan cermin dilindungi dengan plastik tipis. Sewaktu-waktu plastik tersebut dapat dilepas.

Walaupun namanya cermin akrilik, jangan dibayangkan akrilik yang biasa untuk tempat menu di restoran ya Bunda. Bahannya cukup lentur seperti karton. Setidaknya seperti itu yang kami miliki.

Sama seperti kain, mungkin akrilik juga punya berbagai jenis dan beragam kualitas.

Metal Brad

Suatu ketika kami lagi nyari alternatif mata boneka felt book. Mute pasir dan mata boneka biasa rasanya terlalu mainstream, hahah.

Bunda, jika nanti Bunda tertarik memproduksi busy book maka akan tiba waktu dimana Bunda mulai berpikir bagaimana caranya membuat felt book tanpa memakan waktu cukup lama. I’m deadly serious!

Singkat cerita salah seorang krafter menggunakan brad metal bintang berwarna silver untuk sebuah mainan flanel. Penasaran dong. Naluri hunter kami berbisik bahwa pasti ada berbagai jenis dan warna brad lain, hahaha.

Benar saja, kami menemukan banyak pilihan brad metal. Selain brad polos hitam yang akhirnya kami temukan ini, ada juga brad yang ditempeli permata (tentunya plastik) aneka warna. Cukup menarik, tapi untuk saat ini kami hanya butuh yang hitam.

Brad metal
Brad metal

Aha, ketika menuliskan ini kami malah mendapat ide untuk menjadikan brad berpermata itu sebagai liontin boneka flanel doll house, hmm, jenius!

Yuk, belanja lagi! Oopps!

Oh iya, belinya? Tetap, konsisten, istiqamah. Luar Negeri! Oh my, kita rata-rata sudah jadi importir terutama sejak kebijakan bolehnya seller Cina berjualan di platform oren Indonesia. Ya, punya mereka. Bisa bilang apa?

Adhesive Loop Fabric

Adhesive Loop Fabric.

Pernah dengar nama kain ini Bunda?

Sejenis velcro loop (bagian halusnya) yang berupa lembaran kain. Ya, kita bisa menempelkan aplikasi dan detail busy book bervelcro hook ke kain ini.

Dijual dalam satuan meter dan perca. Bisa digunakan untuk membuat detail page yang luas seperti tanah perkebunan, daun pohon, batang pohon, serta lautan.

Tentu saja kain ini tidak ada di Indonesia! Hooray! Ngimpor lagi! Hahahaha…

Indonesia, tanah air beta!

Suka gregetan ga sih? Sumber daya alam semelimpah ini dan kita ngga bisa memproduksi barang-barang yang dibutuhkan anak negeri untuk berkarya.

Lama-lama bikin pabrik sendiri nih! Hahaha, dikata jual gorengan!

Oke, kejauhan! Balik lagi ke kain loop.

Adhesive Loop Fabric

Bunda bisa melihat lapisan tipis berwarna putih di foto? Yup, itu adalah lapisan kertas untuk melindungi bagian kain yang ada lem-nya.

Untuk menggunakannya, Bunda potong kain seukuran yang dibutuhkan. Tarik sedikit kertasnya dan tempelkan kain ke permukaan yang hendak digunakan sambil pelan-pelan kertasnya ditarik terbuka.

Jangan berkecil hati Bunda, kamipun hanya punya satu warna ini saja, hiks.

Di bawah kami sertakan foto kain loop yang disandingkan dengan velcro loop.

Adhesive Loop Fabric

Fabric Chalk

Di awal kami terjun ke bisnis busy book, kami masih menerima orderan custome. Saat itu kami mendapat orderan dari salah seorang mahasiswa jurusan PG PAUD. Beliau sedang meneliti tentang manfaat busy book untuk perkembangan anak.

Agar dapat memahami apa yang mereka inginkan, kami meminta gambaran umum penelitian yang hendak dilakukan. Di sana kami menemukan bahwa salah satu unsur perkembangan anak pada usia tertentu adalah kemampua menulis. Oke, mencorat-coret.

Jelas, aktivitas ini tidak bisa diakomodasi dengan busy book.

Chalk Cloth Fabric
Foto: Amazon

Berbekal rasa penasaran dari orderan tersebut, kami terus mencari kiranya bahan apa yang berfungsi layaknya papan tulis namun bisa dijahit ke dalam sebuah busy book.

Pencarian membuahkan hasil. Setelah bergabung dengan salah satu grup busy book maker luar negeri kami memperoleh informasi penting ada kain yang bisa digunakan untuk menulis dan berfungsi layaknya papan tulis.

Chalk Cloth Fabric.

Ketika mendapat informasi ini kami langsung mencarinya lagi di Indonesia, masih belum maksimal, tidak menemukannya.

Dimana Bahan Busy Book Ini Dapat Ditemukan?

Bunda bisa membeli kain flanel kaku dari toko kami @mandekagediy. Kami menyediakan 4 ukuran. Sementara untuk bahan lain yang kami tulis di sini, Bunda bisa membelinya langsung melalui toko online yang kami tuliskan di bawah ini.

  1. Glitter felt di marketplace ijo dan marketplace oren;
  2. Mesh tubbing. Ingat ya Bunda, belanja dari situs tersebut butuh rasa ikhlas yang cukup tinggi karena barangnya bisa sampai dalam waktu 1-6 bulan atau bahkan hilang;
  3. Cermin akrilik beli di akun Crafterial. Ada beberapa di toko ijo dan oren;
  4. Brad metal beli di marketplace oren langsung dari luar negeri;
  5. Kain loop beli di Etsy;
  6. Chalk cloth fabric beli di Amazon.

Wow!

Solusi Pengganti

Sebenarnya bahan-bahan di atas bisa saja tidak digunakan untuk membuat busy book. Pola busy book yang tersedia cukup banyak yang mengakomodir kurangnya ketersediaan bahan. Coba saja lihat 10 pola busy book yang kami share sebelumnya. Bunda bisa membuat busy book dengan bahan seadanya dan mudah didapatkan.

Bagaimana jika Bunda tetap menginginkan aktivitas yang membutuhkan bahan-bahan di atas? Jika Bunda tidak dapat membelinya, mari coba kita akali penggantinya.

Kain flanel kaku dapat diganti dengan kain flanel biasa. Agar kain flanel ini menjadi kaku, lapisi dengan kain keras. Yup, kain keras yang sama untuk membuat halaman katun quiet book menjadi kaku.

Tapi ingat, ketika menyetrika, Bunda harus memakai alas.

Begini.

Letakkan kain flanel di atas alas setrika. Di atasnya Bunda letakkan kain keras. Bagian yang ada lem-nya menghadap kain flanel. Di atas kedua kain tersebut Bunda lapisi dengan kain tipis (seperti kain untuk furing) atau kertas roti/baking paper. Ukurannya lebih besar. Sekarang setrika.

Kain flanel akan menjadi kaku namun hasilnya cukup tebal. Regular felt memang lebih tebal dari hard felt. Kemudian kita lapisi dengan kain keras, jadi deh, tebal!

Busy Book Murah Indonesia
Regular Felt dilapisi Kain Keras
Busy Book Murah Indonesia
Regular Felt dilapisi Kain Keras

Setelah mendapatkan kain flanel yang kaku. Sekarang kita buat kain flanel glitter. Kami belum punya pengalaman tentang ini.

Tapi teorinya adalah, letakkan selembar kertas di atas meja. Ratakan kain flanel di atasnya. Oles permukaan kain dengan fabric glue. Bukan hot glue gun, Bunda! Taburi bubuk glitter hingga rata dengan ketebalan yang diinginkan. Sebaiknya hingga lem-nya tertutup sempurna.

Biarkan hingga lem mengering. Angkat kain flanel dan balik sambil ditepuk-tepuk. Biarkan sisa glitter berjatuhan ke atas kertas. Kembalikan sisa glitter ke botolnya dan kain flanel glitter siap digunakan,

Metal brad. Tidak ada yang bisa kita lakukan dengan ini. Satu-satunya solusi adalah meggantinya dengan material lain. Bunda punya banyak pilihan. Ada mute, mata boneka, dan cat akrilik.

Yup, cat akrilik hitam dan putih dapat dijadikan sebagai detail mata boneka busy book. Sedikit sentuhan dengan kuas kecil maka terciptalah keajaiban.

Cat Akrilik

Kulit metalik warna silver dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti cermin akrilik. Dijual satuan seukuran kertas A4, fabric ini adalah sejenis PU leather alias kulit imitasi.

Karena kami tidak mempunyai produk ini yang berwarna silver, kami berikan contoh yang ada.

Jika luasan aktivitas yang diperlukan untuk kain loop tidak begitu besar, Bunda bisa menggunakan velcro loop ukuran 10 cm. Untuk pohon rumah burung dan fruit sorting yang cukup besar, kita tidak punya alternatif. Pilihannya adalah membuat detail tersebut dengan kain flanel dan menjahit velcro di atasnya.

Dan kami tidak punya alternatif untuk chalk board dan mesh tube…

Diclaimer:

Bisa jadi, kami melewatkan toko online dalam negeri yang menjual bahan-bahan di atas. Kami memang sudah melakukan pencarian dalam waktu yang lama (untuk sebagian besar bahan) namun bukan berarti kami sudah mengujungi semua toko yang ada.

Jika Bunda menemukan ada seller yang menjual bahan-bahan langka ini, boleh dong berbagi informasi di kolom komentar. Hal ini akan sangat membantu bagi kami dan juga bagi para krafter yang berkunjung ^^.

Salam hangat ^^.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *