DIY Fishing Toy
Busy Mat, Edu Craft, Tutorial

DIY Fishing Toy & Pola Gratis, Hanya 5 Langkah

DIY fishing toy, tutorial kedua di blog Edu Craft Maker. Ya, berhubung blog ini masih baru, kami masih ingat hitungan keberapa suatu postingan, hehe. Tutorial fishing board ini ada video tutorialnya juga. Kami upload di Youtube Ummu Hanif dan akan kami sematkan di bagian bawah postingan ini.

Kamu lebih suka menonton video? Klik saja VIDEO TUTORIAL di daftar isi. Kamu akan diarahkan langsung menuju video dimaksud. Jika kamu punya sedikit waktu luang, silahkan mampir ke channel Youtube kami. Pastikan kamu berlangganan dan menyalakan lonceng agar tidak ketinggalan video terbaru kami.

Easy! Baik video maupun tutorial di blog dan pattern di grup, semuanya free!

Untuk kamu yang betah membaca dan suka memandangi foto, mari kita lanjutkan. Ada 5 tahapan yang akan kita lalui. Dimulai dengan membuat ikan hingga menjahit tas tempat penyimpanan.

Siapkan camilan dan segelas minuman hangat (sedang musim hujan di sini). Mari duduk manis di teras rumah, membaca tulisan kami sambil mendengarkan nada yang dicipta hujan.

Nikmat Tuhan manalagi yang akan kamu dustakan?

DIY Fishing Toy
Fish and Basket

Merujuk tulisan tentang manfaat busy book, fishing toy berfungsi untuk membantu mengembangkan saraf motorik halus balita. Melatih keseimbangan tangan dan mata. Merangsang imajinasi dan kreatifitas. Membiasakan berpikir logis untuk memecahkan masalah agar mendapat solusi atas sebuah persoalan.

Walaupun anak-anak memiliki fokus yang singkat, mainan yang menarik ini dapat membuatnya lengah. Ada spot tertentu di boneka flanel ikan yang dilengkapi dengan benda magnetis. Benda yang bisa menarik daya magnet di ujung kail. Dengan kerja keras dan kesabaran, anak-anak bisa menemukan titik tersebut dan menangkap ikan yang hendak dipancing.

Fishing toy ini dilengkapi dengan ember penampungan ikan. Warna dan ukurannya berbeda. Anak-anak mensortir ikan sesuai warna. Secara otomatis, ikan juga terpisahkan ke dalam kelompok jumlah yang berbeda. Mulai dari 1 ikan per ember hingga 10 ikan per ember. Secara tidak langsung, anak belajar berhitung dan mengenal konsep bilangan.

Untuk melatih life skillnya, anak belajar menggunakan tas. Melepas tas, membuka, dan menutupnya.

Bahan Membuat Fishing Toy

Fishing toy kami bisa dibuat oleh ibu rumah tangga maupun krafter. Kami mengusahakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat montessori toy ini dapat diperoleh dengan mudah. Semua bahan dapat ditemukan dan dibeli di toko-toko online maupun offlline di atau dari dalam negeri.

  1. Kain flanel kaku. Hard felt atau stiff felt untuk membuat ikan dan ember. Gunakan 10 warna. Plus 2 warna untuk membuat kail dan 2 warna untuk mata ikan (untuk tas);
  2. Kain flanel lembut. Reguler felt kami gunakan untuk pond atau board. Kami memilih flanel lembut karena mudah dilipat. Kita perlu melipatnya jika hendak disimpan di dalam tas berbentuk ikan;
  3. Tali satin atau tali katun. Boleh juga menggunakan jenis tali lainnya. Fungsinya adalah untuk membuat pegangan ember dan tali kail;
  4. Mutiara sintetis, untuk mempercantik tampilan ember. Pilih mutiara sintetis yang gampang diperoleh. Ada yang berbahan plastik, resin, dan krystal;
  5. Mutiara sintetis hitam 1-2 mm. Dikenal dengan mutiara pasir. Jumlahnya sesuai dengan jumlah ikan. Di tutorial fishing toy ini kami membuat 3 pilihan mata ikan (hanya 1 yang akan ditulis di sini);
  6. Dakron. Gunakan dakron jenis apa saja yang bisa kamu dapatkan. Kita butuh sedikit saja untuk membuat stick kail menjadi kokoh. Stick ice cream dapat menggantikan fungsi dakron;
  7. Magnet neodymium ukuran 15 mm (kami menggunakan 2 buah magnet berukuran 8 mm). Sebaiknya gunakan magnet yang sama seperti yang kami pakai. Magnet ini memiliki daya tarik yang lebih besar daripada manget hitam biasa. Ukurannya pun lebih tipis;
  8. Kain katun 2 motif untuk membuat tas ikan;
  9. Tali kur atau tali katun ukuran 5-10 mm sebagai drawstring/tali tas;
  10. Stopper tali;
  11. Benang, 1 atau sejumlah warna kain flanel plus kain katun.

Peralatan yang Kami Gunakan Saat Membuat DIY Fishing Toy

Montessori toy ini kami buat dengan mesin jahit. Kamu bisa membuatnya hanya dengan menjahit tangan. Atau, dilem saja juga boleh. Pastikan untuk menggunakan lem yang bebas bau seperti glue gun stick. Lem UHU (hanya ini yang pernah kami beli) yang biasa dipakai krafter memiliki bau tajam. Sebaiknya jangan digunakan untuk memproduksi mainan anak.

Fishing Toy Fishing Board
Ember dan Kail Fishing Toy

Berikut adalah peralatan yang kami gunakan ketika membuat tutorial fishing toy.

  1. Mesin jahit, Singer Heavy Duty 4423;
  2. Self thread-in needle. Jarum ini sangat membantu ketika merapikan sisa benang pada detail ikan, kain, ember, fishing board, hingga tas;
  3. Jarum jahit tangan. Pilih yang cocok untuk lubang mutiara sintetis 2mm;
  4. Gunting kain. Tentu saja pastikan gunting kain yang kamu gunakan tajam. Selain menghindari serat kain terurai, gunting yang tajam mencegah lengan menjadi kebas atau bahkan keseleo;
  5. Gunting kertas. Digunakan untuk menggunting pola;
  6. Gunting benang. Bisa diabaikan saja karena rata-rata mesin jahit memiliki alat pemutus benang. Lebih tidak perlu lagi jika kamu memiliki mesin jahit berbasis komputer;
  7. Gunting gelombang. Digunakan untuk menggunting tepian board;
  8. Gunting zigzag. Kami gunakan untuk menggunting kampuh tas. Karena tas yang kami buat tidak memiliki lapisan dalam, kampunya perlu digunting zigzag agar kain tidak brudul;
  9. Glue gun dan sticknya

DIY Fishing Toy, 5 Langkah Mudah

Felt Fish and Basket Felt
Ember dan Ikan Fishing Toy

Tutorial Membuat Ikan Flanel

Ada 55 ekor ikan flanel di mainan ini. Mewakili warna dan jumlah 1-10. Setiap jumlah dibuat dengan warna yang berbeda.

Kita lanjutkan proses pembuatan. Sekarang, saatnya menjahit.

Terdapat banyak pilihan mata untuk ikan yang merupakan benda magnetis. Misal kamu bisa menggunakan brad, eyelet berbahan dasar besi, dll.

Langkah berikutnya, memasang ring metal/besi di mulut ikan. Mutiara sintetis tidak bisa menarik magnet. So, kita butuh bantuan benda magnetis lain agar ikannya bisa dipancing.

Tutorial Membuat Kail Mainan Fishing Toy Flanel

Jika ingin pekerjaanmu menjadi mudah, gunakan stick ice cream untuk kail. Hanya, tidak estetis. Sebaiknya ikuti saja tutorial ini. Tidak sulit. Trust me!

Foto 1 dan 2 memiliki warna yang berbeda dengan foto berikutnya. Hmm, terkadang saat asyik menjahit kamu bisa lupa untuk sekedar mangambil foto.

Magnet neodymium memiliki daya tarik lebih kuat daripada magnet biasa. Tersedia dalam berbagai ukuran. Harganya memang sedikit lebih mahal, sebanding dengan kualitasnya.

Di foto ini kami menggunakan magnet biasa berwarna hitam. Di produk ini sebenarnya kami menggunakan magnet neodymium. Daya tarik magnet yang kuat tidak akan membuat anak frustasi akibat ikannya tidak terangkat dengan daya tarik magnet kecil.

Tutorial Membuat Ember Flanel Fishing Toy Colour Sorting

Untuk membuat ember yang kita butuhkan hanya kain flanel atau felt kaku, mutiara sintetis, dan tali satin (atau jenis tali lainnya). Gunakan warna sesuai dengan warna ikan.

Ukuran ember juga bervariasi mulai dari 5 cm hingga 9,5 cm. Ukuran 5 cm untuk diisi dengan 1 ikan. Ember 9,5 cm sebagai wadah 10 ekor ikan. Hati-hati, jangan terbolak-balik menggunakan warna.

Proses selanjutnya adalah merapikan benang. Di bagian tutorial membuat ikan proses ini sudah kami tuliskan. Kami tulis lagi agar kamu tidak lupa ^^.

Kamu bisa lihat perbedaan antara merapikan benang ikan dan benang ember? Yup! Sisa benang pada ikan flanel kita sembunyikan di antara 2 lapis kain flanel. Sementara sisa benang di ember flanel kita masukkan ke dalam serat 1 lembar kain flanel.

Felt Fishing Toy Color Sorting
10 warna dan ukuran ember untuk fishing toy.

Tutorial Membuat Fishing Board Mainan Flanel

Proses paling singkat. Tidak menyita banyak waktu. Hanya dijahit lurus. Ya, akan jadi lama kalau kamu menjahit dengan tangan ^^.

Pilih jenis jahitan di mesin jahit yang kamu sukai. Jahit lurus? Tentu saja boleh!

Sebentar! So, kain flanel ini berukuran 35×35 cm. Kamu buat garis berukuran 30×30 cm. Kamu menjahit di atas garis. Dan memotong kain sekitar 1 cm di sebelah luar jahitan. Bisa dipahami, ya?

Tutorial Membuat Tas Penyimpanan Berbentuk Ikan

Wow, akhirnya sampai pada step akhir, membuat fabric fish bag. Tas penyimpanan mainan memancing, fishing toy. Tapi, kami sudah cukup lelah menulis, hiks. Dengan berat hari kami akan pisahkan tutorial membuat fabric fish bag ini di postingan terpisah.

Agar kamu tidak ketinggalan info update terbaru postingan blog Edu Craft Maker, mari berlangganan. Klik CONTACT dan pilih kolom BERLANGGANAN ARTIKEL. Cukup isikan nama dan alamat e-mail. Kamu akan mendapatkan notifikasi postingan terbaru melalui e-mail.

Video Tutorial DIY Fishing Toy

Untukmu yang lebih mudah belajar dengan video, tutorial fishing toy ada di sini. Silahkan bagikan video ini jika kamu rasa bermanfaat. Satu klik bisa jadi membantu teman-teman lain menemukan blog ini dan ikut merasakan manfaatnya.

How To Play Felt Fishing Toy?

Buka tas dan keluarkan semua isinya. Bentang fishing board (empang). Letakkan semua ikan di sana. Jejer rapi 10 ember di sisi-sisi kolam ikan.

Ambil kail dan mulai memancing. Masukkan ikan yang berhasil ditangkap ke dalam ember sesuai warnanya. Setiap warna ikan jumlahnya berbeda.

Setelah semua ikan berhasil ditangkap dan sudah dipisahkan ke dalam masing-masing ember sesuai warna, saatnya belajar berhitung. Ambil ember pertama, keluarkan ikannya dan hitung jumlahnya. Sebutkan juga apa warnanya. Lanjutkan hingga sepuluh ember selesai dihitung dan disebutkan warnanya.

Jika hendak melanjutkan permainan berhitung, gunakan ikan sebagai benda untuk penjumlahan dan pengurangan. Misal, letakkan 1 ekor ikan berwarna merah muda di sebelah kiri. Tata 3 ekor ikan berwarna jingga di sisi kanan. Tunjukkan jumlahnya menggunakan ikan berwarna biru toska.

Permainan yang menarik, bukan?

That’s all for now.

Bye and see you soon!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *