Busy Book, Quiet Book, Felt Book
Uncategorized

Selamat Datang di Edu Craft Maker

Hi, saya Ummu Hanif. Owner blog Edu Craft Maker. A craft beginner. Saat ini kami sedang mengembangkan sebuah brand bernama MANDE. Mengusung tagline Edu Craft by Ummu Hanif, kami fokus memproduksi pola dan tutorial mainan edukasi.

Di blog ini kami ingin berbagi tutorial dan pola alat peraga edukasi. Bonus, sedikit pengetahuan lain yang terkait dengannya. Sekali waktu kami akan menulis tentang kraft secara umum. Misalnya tutorial membuat pembatas buku.

Satu hal yang pasti, kami terus belajar dari waktu ke waktu agar skill yang kami miliki terus berkembang. So, mari belajar bersama.

Edu Craft Maker Owner

Mengingat kami masih nyubi, maka blog ini diperuntukkan bagi krafter baru. Tentu saja maksud kami adalah pemula di indrustri mainan edukasi. Setidaknya kamu bisa belajar cara membuat alphabet board. Alat peraga tersebut sangat populer di kalangan mommies yang punya balita.

Jika kamu adalah  seorang expert yang kebetulan nyasar, jangan pergi dulu. Alangkah baiknya jika kamu mau berbagi ilmu dan pengalaman. Tulis saja opini dan pendapatmu di kolom komentar. Kami yakin, pengalaman dan pengetahuan tersebut sangat membantu para pemula dalam mengembangkan bisnis dan keahlian.

And,

Selamat datang di blog Edu Craft Maker!

Awal Mula Edu Craft Maker

Sekitar 2,5 tahun yang lalu, kami memutuskan untuk menutup usaha coklat karakter. Usaha tersebut sudah kami jalani sekitar 3 tahun, sejak pertengahan 2015. Di tahun 2018, bulan Syawal, kami melelang semua cetakan dan aneka perlengkapan coklat.

Jatuh Cinta dengan Kerajinan Pita

Saat menekuni bisnis coklat karakter, kami juga melakoni bisnis lainnya dalam lingkup yang sama, produksi kotak atau kemasan coklat. Untuk mempercantik tampilan kemasan coklat praline, kami menggunakan pita satin. Usaha produksi kotak coklat praline tersebut berjalan cukup lancar. Kami memiliki pelanggan tetap yang cukup menjanjikan.

Untuk keperluan itu, kami menyetok cukup banyak pita satin berukuran 2 dan 4 cm. Agar bervariasi, kami juga membeli pita grosgrain serta pita glitter.

Aplikasi Pita Satin untuk Konten Edu Craft Maker
Kerajinan Pita Satin

Sayang sekali rasanya pita satu container CB 45 itu teronggok begitu saja. Agar pita tersebut dapat dimanfaatkan, kami mulai mencari-cari tutorial membuat aneka kerajinan tangan berbahan dasar pita satin. Ada banyak tutorial di Youtube. Beberapa diantaranya kami unduh. Sebagian besar adalah video krafter dari negara Rusia. Karya mereka sangat indah.

Kamipun membuat aneka pita cantik. Menambahkan mutiara belah, clay, dan resin karakter sebagai aksesoris. Tiga bahan terakhir juga ada dalam koleksi kami. Resin dan clay karakter adalah bekas master cetakan coklat. Sementara mutiara sintetis kami gunakan untuk mempercantik tampilan pita box.

Mesin Jahit Pertama

Edu Craft Maker Sewing Machine
Singer Heavy Duty 4423

Walaupun cukup berbakat, ternyata minat kami tidak di sana. Sekali lagi, pita, resin, dan mutiara belah tersimpan begitu saja. Menunggu waktu hingga tiba saatnya digunakan.

Di akhir tahun 2018 kami membeli mesin jahit pertama. Mesin jahit merek Singer tipe Heavy Duty 4423. Kami memperolehnya dengan harga Rp 2,7 juta-an termasuk ongkos kirim (gojek).

Karya pertama kami dengan mesin jahit baru adalah gordyn jendela kamar dan ruang tamu. Jahitannya cukup rapi, mengingat kali terakhir kami menambal baju adalah kelas 3 SMA, hoho.

Kepincut Seni Tambal Sulam, Patchwork

Pencarian berlanjut. Satu hal yang pasti, kami sudah menetapkan hati untuk totalitas di dunia kraft dan jahit-menjahit. Sempat terpikir untuk mencoba menjahit baju berdasarkan sedikit ilmu yang pernah kami pelajari ketika SMA dulu. Tidak mudah. Skill itu perlu dilatih, kawan. Kalau tidak dia akan mengendap di alam bawah sadarmu.

Ketika mencari inspirasi tentang craft sewing, kami jatuh hati pada teknik tambal sulam. Kerajinan patchwork terasa tidak asing. Hasil karya para krafter patchwork Amerika Serikat sangat menggoda. Dan bukan Ummu Hanif jika tidak tertarik mencoba.

Berbagai peralatan kami beli. Rotary cutter terbaik, Olfa. Aneka penggaris quilting hingga self healing cutting mat. Agar lebih afdhal, kami mengoleksi sepatu quilting untuk mesin jahit rumahan yang hingga hari ini belum kami gunakan, hehe.

Cushion atau bantal duduk pada foto di atas sangat indah. Siapa yang tidak kepincut hendak mencoba membuatnya? Padu padan motif kainnya sangat serasi.

Lalu, semakin jauh mencari tahu, semakin kami tertarik.

Ada toko online dan toko offline yang menjual aneka kebutuhan patchwork semata. Tumpukan kain katun yang sudah dicampur motif dan warnanya. Dijual per bundle dalam ukuran yang beragam. Pemilihan motifnya sangat berkesan. Saat itulah kami tahu bahwa ada profesi designer patchwork. Mengesankan!

Pin cushion pada foto di samping adalah sisa karya kerajinan tambal sulam yang pernah kami buat. Ada juga taplak meja, tote bag, dan pouch.

Lantas, apakah pencarian berakhir?

No, not yet!

Kami mulai kehilangan minat terhadap kerajinan maha indah ini. Tapi keinginan untuk tetap mengembangkan minat di bidang kraft tetap besar. Dan, petualangan berlanjut.

 

Patchwork pin cushion

Edu Craft, Pertemuan Bakat dan Minat

USaha coklat karakter kami tutup karena rasanya ada yang tidak pas. Alasan yang sama melatarbelakangi keputusan kami untuk tidak melanjutkan kerajinan pita dan patchwork. Apa itu? Kami tidak merasakan manfaat jangka panjang.

Agak sulit membahasakannya. Namun mari kita sederhanakan dalam kalimat berikut. Tidak ada celah untuk memperkenalkan Islam di sana.

Sounds harsh, right?

It’s okay! That is what I felt.

Wait, I need to emphasize this. Bukan tidak mungkin! Pasti ada yang bisa melihat dan memanfaatkan celah tersebut. Hanya saja, minat kami sudah keburu terbang.

Dan sesuatu terjadi. Saat mengekori krafter Rusia yang menekuni kerajinan pita, kami menemukan busy book. I’ve been falling in love! Dimulai dengan stalking instagram satu orang krafter, kami menemukan krafter berbakat lainnya. Dan temuan ini tidak ada habisnya hingga detik ini.

Pertemuan dengan busy book membawa kami lebih jauh mengenal aneka mainan edukasi berbahan dasar kain flanel. Bahwa busy book bisa dimodifikasi menjadi bentuk bola, kubus, mat, bahkan tablet. Wow! I’m in!

Setelah satu tahun belajar membuat dan mengembangkan busy book, kami sampai pada kesimpulan, inilah yang akan menjadi fokus utama kami.

Mengapa?

Busy book bisa menjadi media yang sangat menarik untuk memperkenalkan nilai-nilai Islami. Memupuk akidah dan menanamkan keteladanan Rasulullah SAW.

Tengoklah quiet book di atas. Kami membuat semua halaman berdasarkan kisah para Nabi dan Rasul serta keutamaan lebah yang tersurat di dalam kitab suci umat Islam.

Apa manfaat jangka panjang yang kami maksud? Bahwa nilai-nilai yang dipelajari anak, secara tidak langsung, saat bermain buku aktivitas ini akan menjadi bagian dari kepribadiannya. Pengetahuan yang diberikan memainkan peran cukup besar dalam proses tumbuh kembangnya.

Orang tua hanya perlu membaca lebih jauh mengenai kisah tersebut di dalam al-Qur’an. Membaca sumber-sumber sahih. Terus memperkaya ilmu dan pengetahuan. Ceritakan itu dikala anak sedang asyik menarik tali, membuka resleting, dan mencari benda tersembunyi di halaman buku.

Busy Book, Edu Craft Pertama Kami

Quiet Book Pertama Ummu Hanif
Busy Book Pertama

Busy book pertama kami buat sekitar 8 bulan sejak mesin jahit dibeli. Saat itu kami membuat busy book berukuran 18×18 cm. Mengikuti ukuran felt book salah seorang quiet book maker yang kami follow di instagram.

Terbuat dari kain katun, halaman busy book ini berlapis kain keras. Jika kamu belum tahu apa itu kain keras, perhatikan kerah kemeja. Kain yang melapisinya adalah kain keras atau dikenal juga dengan staplek.

Quiet book pertama kami menggunakan pola gratis dari akun VK.com milik para designer buku flanel Rusia. Banyak sekali pola gratis tersedia. Semuanya bagus dan benar-benar mampu menyasar target skill & fine motor system developing.

Edu Craft Maker was Born

Petualangan berlanjut hingga hari ini. Di perjalanan, bukannya kami tidak pernah bosan. Tidak juga lepas dari godaan membuat kerajinan lainnya. Kami hanya memutuskan untuk mengutamakan pilihan ini sembari sesekali cheating membuat hasta karya lain.

Agar dapat bermanfaat lebih luas, kami membuat grup FB Edu Craft Maker. Sekarang, di akhir tahun 2020, kami membuat blog dengan nama yang sama.

Mengapa masih harus membuat blog jika sudah ada grup?

Alasannya sederhana. Blog memberikan ruang yang lebih luas dan lebih bebas untuk menuangkan ide dan gagasan. Pembacanya tidak sebatas anggota saja. Dan yeah, sejujurnya, kami tentu berharap bahwa pembaca blog ini akan bergabung dengan kami di gup FB, hmm.

Cakupan Blog

Banyak sekali yang ingin kami share kepada teman-teman. Tapi tentu saja sebuah blog harus punya niche. Dan kami memilih edu craft serta craft sewing. Sebenarnya terminologi craft sewing adalah istilah yang kami buat sendiri. Sebutan ini mewakili kerajinan tangan atau kraft yang kami buat selain busy book.

Lantas kraft apa saja yang hendak kami tampilkan di sini? Mari kita lihat seiring berjalannya waktu. Secara garis besar, isi blog ini dapat dilihat sebagai berikut.

Edu Craft, Alat Peraga Edukasi

Fokus utama, alat peraga edukasi. Sebagaiman judul dan nama blog, Edu Craft Maker. Rinciannya dapat dilihat melalui tabs di bawah ini.

Meski terkesan produk kami hanya cocok untuk anak balita, perlu kami tekankan bahwa sekali waktu kami juga akan memproduksi alat peraga edukasi untuk anak SD. Seperti tata surya, susunan organ tubuh bagian dalam, dan lainnya.

Craft dan DIY Sewing

Kami suka sekali dengan box storage yang terbuat dari kain. Selain ramah lingkungan, penyimpanannya tidak memakan tempat. Dan bunga tulip di foto kiri atas sangat indah diletakkan di meja kerja.

Bagaiman kalau kita membuat cushion yang dimodifikasi dengan aplikasi kain flanel? Kamu sepertinya juga tidak akan mengatakan tidak untuk tutorial membuat scrunchies, ikat rambut. Tenang! Kita juga akan belajar bagaimana cara membuat hanging door.

Isi dan Bahasan Blog Ummu Hanif

Craft Tutorial

Di sebelah kiri adalah tutorial membuat busy book berbentuk apel. Selain itu kamu juga bisa menemukan banyak tutorial lain seputar buku flanel.

Kunjungi channel Youtube kami, Ummu Hanif. Pilih playlist Tutorial Busy Book. Silahkan lihat satu persatu video di sana. Dan dapatkan polanya di grup Fb Edu Craft Maker.

Selain busy book, kami juga memiliki tutorial sewing craft. Ada DIY membuat bunga tulip dari kain perca. Menjahit mini pouch dengan asen kristik, dan lain sebagainya.

Craft Pattern

Kami ingin berbagi pola yang dapat digunakan oleh para pembaca untuk membuat sendiri karya kraft mereka. Kami sangat berharap, ilmu dan pengalaman yang kami share di sini dapat membantu para pemula memulai bisnis kraft dan menghasilkan uang dari sana.

Tentu saja pola tersebut akan tersedia secara gratis. Sebagian pola dapat diunduh di blog ini sementara lainnya kami simpan di grup FB Edu Craft Maker.

Disamping itu, kami juga mempunyai pola-pola kraft premium yang kami jual baik melalui blog ini ataupun di toko online Edu Craft Maker Shop, Instagram, dan Etsy.

Craft Shop

Jika kamu mampir ke blog ini dengan niat membeli quiet book, kamu berada di tempat yang tepat. Kamu bisa membeli busy book, mainan edukasi, dan karya kraft lainnya melalui link yang kami sertakan di bawah ini.

Semua karya yang kami jual adalah hasil karya pribadi. Biasanya produk kraft yang ada adalah hasil proses pembuatan tutorial dan pola untuk dibagikan atau untuk dijual.

Karena itu, kami memberikan diskon hingga 30-50% untuk setiap produk yang ada. Sayangnya, kami tidak membuat ulang produk yang sudah terjual. Begitupun kami tidak menerima (untuk sementara waktu) pesanan custome.

Satu hal yang pasti, jika kamu membeli busy book di toko kami, dijamin quiet book milikmu adalah satu-satunya di dunia. Karena kembali lagi, kami tidak memproduksi ulang buku yang sama. Kalau kamu mau menambahkan nama supaya terkesan lebih personal, pilih saja lembaran halaman busy book yang kami jual terpisah.

Aktivitas Busy Book per Halaman
Halaman Aktivitas Busy Book @mandecraftcollection

Kamu bisa memesan halaman cover (depan dan belakang) sesuai keinginan. Untuk ini, kami memasang harga normal. Khusus untuk cover. Bagaimana dengan halaman aktivitasnya? Tetap kami diskon hingga 50% per halaman.

Craft Gadget

Craft gadget berisi tulisan mengenai perlatan dan perlengkapan yang biasa digunakan dalam memproduksi aneka karya kerajinan. Sebagian besar mungkin sudah kamu ketahui. Mari berbagi info tentangnya di kolom komentar.

Craft Material

Craft material, sebagaimana namanya, adalah postingan berisi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya kraft. Kita mulai dengan kain katun, kain flanel, dan kain keras. Selain itu ada aneka kancing yang lucu, mutiara imitasi, dan tali.

Crafter Stalking

Craft stalking mungkin terdengar aneh. Tenang, stalking yang kita lakukan adalah membahas akun media sosial, blog, dan toko online para krafter yang sudah mumpuni di bidangnya. Lebih dalam, kita juga akan melihat proses pertumbuhan krafter tersebut berdasarkan sosial media mereka.

Crafter Hangout

Jika ada kesempatan, kami juga ingin membuat segmen crafter meeting. Jika memungkinkan kami ingin sekali berkunjung ke studio para krafter di dalam maupun di luar negeri. Walaupun masih jauh panggang dari api. Eniwei, bercita-cita itu absolutely free!

Jikalau tidak bisa berkunjung langsung, kami akan mencoba untuk mengundang krafter menulis di blog ini. Semacam guest writer.

Craft Knowlegde, Craft Behind the Scene

Craft behind the scene, adalah bagian yang akan membahas tentang apapun aktivitas, pengetahuan, dan info terkait dengan kraft. Misal, bagaimana cara memulai bisnis kraft, bagaiama cara menghitung modal, bagaimana cara menentukan target pasar, dan lain-lain.

Karena topik utama yang kami angkat adalah edu craft, sedikit banyak kami akan membahas tentang teori perkembangan anak dan teori parenting serta hal-hal terkait.

Bye for Now

Walaupun saat ini kami fokus pada bidang edu craft, tidak menutup kemungkinan kami akan memulai juga usaha beaded craft, sewing craft, dan house furniture craft. Semua itu tidak terlepas dari ketertarikan kami yang cukup kuat ke semua jenis kraft. Jadi, harap dimaklumi jika suatu ketika di blog ini tiba-tiba muncul tutorial membuat gelang dari manik-manik, hehe.

Sambutan yang lumayan panjang, hiuffh. #lapjidat

Hampir lupa! Pita, resin, dan clay dapat kami manfaatkan untuk membuat detail busy book.

Eniwei, jika ada yang hendak dikomentari mengenai postingan ini, scroll sedikit ke bawah. Kamu akan menemukan kolom komentar. Tulis di sana apa yang kamu pikirikan. Tapi please, jangan nye-pam ya, hehe. Komentar spam will be erased right away.

Kita berpisah di sini.

Bye for now & see you soon!

Much, much love.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *