Quiet Book Binding Interchangeable
Tutorial, Busy Book/Quiet Book, Edu Craft, Mande Edu Craft, Uncategorized

Tutorial Interchangeable Page Quiet Book Binding

Don’t stop when you are tired! Stop when you are done!

Quote

Interchangeable page of quiet book binding.

Bunda pernah mendengar istilah ini? Binding busy book yang halamannya dapat kita gonta-ganti. Dengan kata lain, binding ini adalah jenis binding tidak permanen.

Tahapan akhir dari proses pembuatan quiet book adalah binding. Menyatukan seluruh halaman aktivitas yang sudah dibuat menjadi sebuah buku. Proses ini sering menjadi kendala karena memang cukup rumit, jika belum terbiasa.

Interchangeable page of quiet book binding bisa menjadi solusi bagi Bunda dan krafter pemula. Perlu diperhatikan bahwa tutorial ini cocok untuk halaman busy book berhan kain flanel, baik kain flanel kaku maupun kain flanel biasa.

Apakah busy book dengan halaman aktivitas terbuat dari kain katun tidak bisa dibinding dengan cara ini? Bisa! Hanya, di tulisan ini kami akan menuliskan tutorial eyelet interchangeable page binding untuk halaman aktivitas terbuat dari kain flanel.

Kelebihan Interchangeable Page Binding

Dengan metode ini Bunda leluasa mengganti atau menambah aktivitas kapan saja. Tidak perlu membuat busy book dari awal hingga akhir sebagaimana semula. Bunda hanya perlu membuat sepasang halaman cover yang akan digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Untuk itu Bunda perlu memisahkan halaman cover dengan halaman aktivitas. Personalisasi sederhana seperti menempatkan nama anak dan karakter favorit mereka di bagian depan adalah pilihan bijak.

Seiring putri dan jagoan tumbuh besar, aktivitas busy book mereka harus semakin komplit. Bunda bisa mengganti dan menambah aktivitas sesuai usia atau keinginan buah hati.

Kira-kira apa kekurangan dari metode favorit para krafter ini? Kami tidak melihat ada kekurangan di sini selain quiet book ini tidak bisa dipasangi stroller holder/strap.

Sebentar! Jika Bunda memang ingin, kita bisa membuat stoller holder menggunakan pengait seperti yang sering kita temukan di tas dan dompet. Menurut kami tidak ada masalah dengan pilihan itu.

Di toko online banyak tersedia strap instan yang bisa Bunda pilih sesuai dengan warna atau tema quiet book. Oke, mari asumsikan Bunda ingin membuat sendiri strap-nya, maka Bunda perlu membeli tali webbing dan ring D serta pengaitnya.

Sebagai alternatif, ada pita satin, namun tidak kami sarankan karena mudah sekali rusak. Pita grosgrain lebih baik.

Selain itu, strap ini bisa dibuat dengan kain katun yang dijahit sesuai panjang dan lebar yang dibutuhkan. Pilihan ini tentu tidak logis kecuali Bunda punya stok kain katun di rumah. Tentunya rugi jika Bunda membeli kain katun hanya untuk membuat quiet book holder.

Busy Book 15x15 cm

Karena strap ini bersifat replaceable, Bunda hanya perlu mengaitkannya ke busy book ketika hendak bepergian. O, bisa juga dipakai saat si buah hati sedang duduk di baby walker.

So, kami anggap kita sepakat bahwa metode ini adalah pilihan yang sempurna!

Bahan Membuat Interchangeable Page Binding

Peralatan Membuat Interchangeable Page Binding

  1. Mesin jahit. Sudah jelas ya karena ketika membuat aktivitas quiet book pun kita memerlukannya;
  2. Eyelet installer. Bunda bisa memilih beragam alat pasang eyelet di banyak toko online. Kami menggunakan mesin manual merek KAM;
  3. Self threading needle;
  4. Paper clip/wonder clip.
Paper Clip

Step by Step Interchangeable Page Binding Tutorial

Page Selection. Langkah pertama yang kita lakukan adalah memilah halaman aktivitas dan memasangkannya satu sama lain. Urutan halaman aktivitas tergantung pada tema yang Bunda gunakan.

Tidak punya tema? Susun halaman berdasarkan tingkat kemudan dan kerumitan halaman saat nanti dijilid. Halaman yang lebih ramai dan komplit sebaiknya menghadap atas saat dijahit. Sepele memang. Namun trik ini memudahkan Bunda ketika menyatukan 2 halaman.

Pilihan aktivitas busy book

Saat sebuah halaman berada di bagian bawah ketika dijahit, kita leluasa untuk memperhatikan setiap detail di sana. Tanpa sengaja, kita bisa saja melewatkan 1 atau 2 detail yang seharusnya terjahit. Bisa juga menjahit bagian yang seharusnya tidak dijahit. Sebaiknya kita hindari.

Jika Bunda memaksakan halaman dengan aktivitas yang cukup tebal atau berkancing besar di bagian bawah saat dijahit, jahitan Bunda bisa jadi tidak lurus karena bagian bawah halaman tidak rata.

Ya, dengan sedikit kesabaran, menjahit pelan-pelan, Bunda akan menghasilkan jahitan yang rapi. Ini adalah solusi jika keadaan memaksa.

Page trimming (corner rounding). Meskipun Bunda menggunakan kain flanel kaku yang dijual per pack berukuran tertentu, tidak ada jaminan kain tersebut berukuran persis sama. Sehingga proses page trimming tidak boleh dilewatkan.

Kami memilih untuk melakukan page trimming setelah 2 halaman dijahit menjadi satu. Lalu mengapa meletakkan proses ini di sini?

Interchangeable Page Binding Edu Craft Maker

Ini kami sebut sebagai page trimming pertama dimana kita akan membulatkan sudut-sudut halaman quiet book. Bunda bisa menggunakan tutup botol air mineral sebagai pattern. Jika Bunda memiliki sense yang cukup kuat terhadap bentuk, gunting saja langsung setiap sudut hingga membulat.

Halaman aktivitas yang akan kita bulatkan sudutnya adalah halaman yang menjadi bagian atas ketika dijahit. Pada foto di atas Bunda dapat melihat perbedaan halaman quiet book di sebelah kanan dengan yang di sebelah kiri.

Tidak bisakah kita biarkan saja sudutnya lancip? You can! Semua berpulang kepada selera masing-masing. Kami menyukai quiet book dengan sudut membulat atau rounded corner felt book terutama untuk busy book berbahan dasar kain flanel.

Binding piece preparation. Potong binding piece berukuran 10×3 cm (sesuaikan dengan kebutuhan Bunda). Bulatkan 2 dari 4 sudutnya.

Berapa banyak binding piece yang Bunda perlukan? Bunda membutuhkan sejumlah helai/lembar quiet book. 1 helai quiet book terdiri dari 2 sisi/halaman/pages. Jika Bunda memiliki 10 halaman aktivitas maka Bunda mendapatkan 5 helai busy book. Dengan demikian Bunda membuat 5 helai binding piece.

Potong 5 lembar kain flanel. Sediakan kain flanel lain yang akan menjadi lapisannya. Setelah 2 dari 4 sudut tiap lembar binding piece digunting, jahit lembaran tersebut ke kain felt yang belum dipotong.

Tidak perlu menjahit keseluruhan. Cukup 3 sisi saja. Bagian yang akan masuk ke sela-sela halaman busy book tidak perlu dijahit.

Attachment Arranging & Sewing. Atur posisi binding piece agar berada di tengah. Sisi binding piece yang masuk ke sela-sela halaman buku berukuran sekitar 1 cm.

Interchangeable Page Binding Edu Craft Maker

Semat dengan paper clip atau wonder clip. Jika ada detail quiet book yang hendak dijahit bersamaan, pastikan Bunda mengamankannya pada posisi yang ditentukan dengan wonder/paper clip.

Tata tali-tali/pita yang akan diselipkan di antara halaman quiet book. Jika sudah aman, lepas detail aktivitas dari velcronya.

Jahit sekeliling buku flanel. Kampuh sekitar 1-2 mm.

Interchangeable Page Binding Edu Craft Maker

Tidying up. Merapikan sisa benang tampak sebagai pekerjaan yang sepele. Let me tell you, ini adalah bagian paling membosankan! Dan lagi, ujung jari tangan bakal ngilu nih kalau terlalu sering melakukan ini dalam sehari. Jadi, sebaiknya Bunda bisa menggunakan pelindung jari.

Jika masih kerepotan dan dirasa memakan waktu yang lama (karena memang demikian adanya), kunci jahitan dengan teknik back-stitch.

Harus kami sampaikan bahwa kami tidak menyarankan metode ini. Jahitannya terlalu nyata bertumpuk-tumpuk.

Lanjutkan dengan memotong dan merapikan kain flanel hingga rata. Nah, ini dia yang kami maksud trimming tahap kedua. Pastikan sisi depan dan belakang presisi. Yang satu tidak melebihi yang lain.

Interchangeable Page Binding Edu Craft Maker

Eyelet installing. Ambil penggaris dan pensil kain. Ukur 2 cm dari masing-masing ujung binding piece, 1 cm dari arah luar  (bagian panjang). Beri tanda pada titik-titik tersebut. Lihat foto di bawah untuk memahaminya.

Lubangi binding piece pada titik-titik tersebut. Kami tidak mempunyai alat pelubang terpisah untuk eyelet 8 mm.

Solusinya, kami melubangi dengan eyelet installer. Letakkan binding piece di atas matras eyelet. Titiknya berada tepat di tengah. Tekan fastener dan pastikan alatnya melubangi kain flanel. Biasanya kain flanel tidak putus sempurna. Gunting saja sisanya.

Selanjutnya, memasang eyelet. Kami berikan penjelasan di masing-masing foto berikut.

Finishing. Semua tahapan sudah selesai. Saatnya menyatukan semua lembaran quiet book yang sudah rapi.

Bunda sudah berhasil membuat sebuah busy book untuk si buah hati. Jika berkenan, kami menunggu hasil karya Bunda dengan nge-tag akun instagram kami @ummuhanif.busybook. Kami akan senang sekali jika Bunda menyertakan tagar #educraftmakerpattern #educraftmakertutorial. 

Busy Book Mini 10 Aktivitas

That’s for now and see you soon!

Happy crafting!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *